Breaking News

Pangdam IX/Udayana Resmikan Latihan Posko I Korem 162/WB

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Mataram (postkotantb.com)- Latihan posko I Korem 162/WB TA. 2020 "Gelombang Sakti 20", dibuka secara resmi oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara.


Acara yang terlaksana di Aula Sudirman, Selasa (13/10), turut dihadiri Kapoksahli Pangdam IX/Udayana Brigjen TNI Hendrikus, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Erwansyah, para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Kasrem 162/WB, Asintel Kasdam IX/Udayana, Asops Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Kabalakdam IX/Udayana, para Kasi Korem 162/WB, Dan Dandeninteldam IX/Udayana, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 162/WB.


Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana mengatakan, penyelenggaraan latihan posko I bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 162/WB dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama, koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan tehnik olah yudha serta pengintegrasian semua kemampuan yang dimiliki satuan untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami di NTB.


"Korem 162/WB Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah, dalam Rangka Membantu Penanggulangan Terjadinya Bencana Alam Sesuai Tipologi Wilayah"katanya.


latihan ini, jelas dia, sangat tepat untuk melatih memelihara kemampuan personil dan menyiapkan satuan jajaran Korem 162/WB, mengingat situasi dan kondisi serta letak wilayah NTB yang berada pada cincin api lintasan jalur lempeng bumi.


Karenanya, Pangdam IX/Udayana menekankan kepada Komandan Latihan dan Penyelenggara agar dapat memerankan bagian demi bagian setiap kegiatan yang ada. Sehingga dapat melihat dan menilai, sejauh mana langkah dan tindakan yang diambil para anggota, dalam proses pengambilan keputusan taktis untuk mengatasi setiap kasus yang dikembangkan.


"Laksanakan latihan dengan sungguh-sungguh agar tujuan penyelenggaraan latihan dapat tercapai,” tegasnya.


Ia pun berpesan kepada para wasit dan pengendali agar membuat dinamika latihan yang mendekati realita sebenarnya, serta menguasai persoalan untuk menghidupkan suasana latihan dan memberikan penilaian, maupun koreksi secara obyektif. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan profesionalisme, dalam menghadapi tugas yang sebenarnya di lapangan.


"Mudah mudahan dengan latihan ini, akan melahirkan satu konsep penanggulangan bencana yang lebih baik dari sebelumnya," Harap Pangdam.


Kegiatan latihan, diikuti oleh para pelaku diantaranya, Danrem 162/WB beserta Staf Korem 162/WB dan jajaran juga melibatkan unsur Polri dari Polda NTB, Basarnas, BMKG, BPBD, Dinas Sosial Prov NTB, diawali dengan Jam Pimpinan (Pengarahan Pangdam IX/Udayana) dilanjutkan dengan Taklimat awal (Pembukan).(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close