Breaking News

Raih WTP kali Ke-6, Bupati Lobar Berkomitmen Segera Luncurkan "Gardu Mente"

Prestasi: Selasa (13/10), Tidak Hanya WTP, Bupati Lobar,H. Fauzan Khalid berkomitmen luncurkan Gardu Mente, agar Laporan keuangannya,nol temuan.

Lombok Barat (postkotantb.com)- Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaraan (DJPb) NTB, Syarwan, menyerahkan plakat dan piagam penghargaan kepada Kabupaten Lombok Barat. Penghargaan ini diberikan atas prestasi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHPK) keenam kali secara berurut-turut. 


Plakat dan piagam ini diterima langsung Bupati Lombok Barat (Lobar), H Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj. Sumiatun, di Ruang Kerja Bupati di Giri Menang, Gerung, Selasa, (13/10).


Syarwan mengatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan penghargaan terkait dengan capaian opini tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan yang diraih Lobar.


“Dan alhamdulillah Lombok Barat sudah enam tahun berturut-turut, seharusnya kalau bukan pandemi ini penghargaannya di Jakarta diserahkan langsung oleh Presiden atau paling tidak itu Menteri Keuangan,” ujar Syarwan. 


Menkeu Sri Mulyani, kata Syarwan, memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas capaian prestasi yang diraih Lobar. Dengan meraih WTP, maka Lobar  telah membantu pemerintah pusat juga untuk meraih opini WTP. 


“Karena sinergi yang kuat dan pengelolaan keuangan yang sangat baik artinya mendukung pemerintah pusat mendapatkan WTP juga,” kata Syarwan.


Syarwan pada bagian lain penyampaiannya mengatakan, dengan banyaknya prestasi yang diraih Lombok Barat, maka harus dipertahankan dan ditingkatkan. 


“Supaya pemerintah ini dipercaya oleh masyarakat dan investor. Karena ini salah satu alat investor untuk ambil keputusan. Saat kita WTP mereka yakin pengelola keuangannya sudah baik,” ujarnya.


Disampaikan Syarwan, karena Lobar sudah meraih WTP 6 tahun berturut-turut, maka diberikan dua penghargaan yaitu dalam bentuk piagam dan plakat. 



“Juga WTP ini salah satu unsur penilaian untuk Dana Insentif Daerah (DID,Red)," jelasnya. 


Beberapa hal yang dinilai bagus sehingga yaitu tahun 2020 ini Dana Desa tersalur 99,31persen, dana alokasi khusus (DAK) dari Rp 150 M tersalur Rp 138M. Begitu juga DID yang sduah tersalur 100 persen.


Sementara itu, Bupati Fauzan menyampaikan perolehan WTP yang keenam kali,  akan menjadi semangat yang luar biasa bagi Lobar agar lebih meningkatkan pengelolaan keuangan. Bahkan, sejak lama kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Lobar bupati menegaskan bahwa WTP itu bukan kebanggaan.


“WTP itu bukan kebanggaan tapi kewajiban,”ujar bupati.


Bupati menegaskan, target Lobar bukan hanya WTP. Saat ini, pihaknya sedang membuat Peraturan Bupati tentang Gerakan Terpadu Menuju Nol Temuan (Gardu Mente). Perbup ini akan diluncurkan saat rapim (rapat pimpinan) OPD di Lobar.


Menurut Fauzan, Lobar tidak akan puas hanya dengan laporan keuangan yang bagus. Akan tetapi sekaligus  menekankan pada output. Dimana output-nya, harus betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Sekda Lobar, H Baehaqi yang juga hadir menyampaikan raihan WTP bagi Lombok Barat karena dinilai tidak ada temuan signifkan. Bahkan melalui Gardu Mente, kata Sekda, akan diupayakan menjadi nol temuan kecil.(eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close