-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    SADAR beri Solusi Tuntaskan Krisis Air

    , Tuesday, October 06, 2020 WIB Last Updated 2020-10-06T12:29:37Z



    Silaturahmi Paslon Independen Saswadi-Dahrun (SADAR) di dusun Sombeng, Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat, Senin (5/10).

    Lombok Tengah,postkotantb.com- silaturahmi paslon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah (Loteng), Saswadi-Dahrun (SADAR), mendapat sambutan hangat dari masyarakat terutama petani di dusun Sombeng, Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat.


    Agenda silaturahmi yang dilaksanakan Senin (5/10), turut dihadiri perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat serta perwakilan para petani di dusun tersebut.


    Dalam sambutannya, Calon Bupati H.L. Saswadi mengatakan, desa tersebut terletak di sebelah selatan Loteng dengan kondisi kesulitan memperoleh air bersih.


    Terdiri dari 18 dusun dengan jumlah penduduk, hampir 200 KK per dusun, Rata-rata, masyarakat setempat mengeluh tentang minimnya air bersih. Saat warga setempat hanya mengandalkan air pengeboran di empat titik untuk kebutuhan konsumsi.


    Tidak hanya di satu dusun. Dusun-dusun lain kerap datang untuk mengambil air pengeboran tersebut. Di sisi lain diakui dia, kondisi geografis di desa ini, masuk kategori areal perbukitan. Tentu sulit jika hanya mengandalkan ketersediaan air bersih di empat titik itu.


    "Kami memprioritaskan air bersih untuk warga,"ungkap Saswadi.



    Menurut rencana, Pasangan independen ini akan menambah pengeboran air bersih di beberapa titik lainnya dan aksesnya pun mudah dijangkau oleh warga. Tentu, rencana tersebut sebagai solusi untuk membantu warga yang tengah mengalami krisis air.


    "Masalah ini jangan sampai berlarut,"cetusnya.


    Di sisi lain, lanjut Saswadi,  perhatian pasangan SADAR menjurus ke sektor pertanian. Kata dia, lahan pertanian di daerah ini luas terhampar. Sayangnya, warga hanya mampu memanen gabah sekali setahun. 


    Menjelang kemarau, para petani di daerah ini, beralih ke penanaman tembakau dan sebagiannya lagi memilih menanam kedelai dan kacang hijau. Kondisi lahan yang tadah hujan, serta berbukit, membuat para petani kesulitan memperoleh air. 


    "Bendungan Pengge tidak dapat dimanfaatkan maksimal. Butuh mesin besar untuk membantu menarik air,"imbuhnya.


    Demi mewujudkan solusi ini, dibutuhkan keyakinan dan kerjasama demi memenangkan SADAR di kontestasi Pilkada Loteng 9 Desember 2020 mendatang. Sebab, tanpa dukungan masyarakat, SADAR tidak dapat menerapkan solusi tersebut.


    "Kemenangan SADAR, Kemenangan Rakyat Loteng,"tandasnya.(rin) 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini