Peringati Hari Guru Nasional, Lemhanas RI Selenggarakan Webinar Series Kedua Secara Virtual

Angkatan ke II Lemhanas RI Selenggarakan Webinar secara virtual.

Jakarta (postkotantb.com) - Alumni Pelatihan untuk Pelatih (PUP)/Training of Trainers (ToT) bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara secara Virtual Angkatan ke II Lemhannas RI Tahun 2020, kembali menyelenggarakan Webinar Series kedua. 


Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tanggal 26 November 2020, di mulai dari pukul 08.30 - 12.00 WIB. Webinar ini menggandeng Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL), Komisariat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan mengangkat tema, Peningkatan Profesionalisme Guru Sebagai Benteng Ketahanan Negara di Era Pandemi Covid 19.


Webinar series ini dibuka langsung oleh Ketua IKAL Komisariat Kalsel, Drs. Zulkifli MP. Sementara Keynote Speaker, Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan GTK Kemendikbud, Dr. Praptono, M.Ed.


Narasumber pertama yaitu, Direktur GTK Madrasah Direktorat Pendidikan Islam Kementrian Agama, DR. Muhammad Zein, M. Ag serta  Dr. Sri Rahmi, MA (Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Indonesia,red) sebagai Narasumber kedua.


Sementara satu narasumber berhalangan hadir, karena harus menjalani Swab kedua karena reaktif Covid 19, sehingga beliau menyampaikan permohonan maaf tidak bisa mengikuti Webinar. Webinar dipandu oleh DR. Suhari sebagai Moderator pertama dan DR. Sutoro sebagai Moderator kedua ini berlangsung menarik. 


Kegiatan ini, diikuti oleh 289 peserta dari 473 responden yang mendaftar. Para peserta berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia. Diantaranya dari Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Riau, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Bahkan, ada peserta yang berasal dari luar negeri yaitu dari Malaysia dan Amerika Serikat. 



Jika dilihat dari profesinya peserta Webinar berasal dari unsur guru sebanyak 73,8 %, dosen 12,8%, Widiyaiswara, Mahasiswa dan lain-lain, masing-masing dibawah 5%. Sementara jika dilihat dari pendidikan terakhir, para peserta didominasi oleh lulusan S1 sebesar 61,2%, S2 28,3%, SMA 5,2%, S3 dan lain-lain masing-masing di bawah 5%. Dr. Sri Rahmi, M.A. dosen UIN Ar Raniry Banda Aceh.


Ciri-ciri guru yg sukses diantaranya karena selalu mempunyai kelebihan satu cara dalam menghadapi suatau permasalahan. Jalin komunikasi dan saling sinergi dengan orang tua maupun keluarga siswa berbanding terbalik dengan guru gagal, yaitu selalu kelebihan satu alasan. 


10 tips menjadi guru kreatif. Diantaranya, Cintai profesi sebagai pendidik, pribadi pembelajar, berfikir terbuka, menyukai tantangan, pandai berkomunikasi, bersahabat dengan buku, cerdas menggunakan teknologi, pandai memanfaatkan keterbatasan, orientasi masa depan, tumbuhkan religiusitas.


Menjadi guru milenial dengan cara memperkuat literasi, menggunakan internet dan media sosial secara bijak, terbuka terhadap pengalaman baru dan membangun ide dan visi ke depan serta percaya diri.


Dr. Praptono, M. Ed 

Kompetensi guru yg profesional, kinernjanya baik maka kesejahteraannya jg akan semakin meningkat, model kompetensi guru diantaranya penguasaan pengetahuan profesional, praktek pembelajaran profesional dan pengembangan profesi yang berkelanjutan.


Tertanda 

Pipyn Hidroga Sekty, S. Pd (Ketua Angkatan)

Joni Erizal, SKH (Sekretaris angkatan)