Breaking News

Ratusan Rumah dan Fasilitas Publik Rusak Parah Diterjang Angin Puting Beliung di Sumbawa

Salah satu bangunan yang roboh akibat di terjang angin puting beliung di Alas Sumbawa

Sumbawa (postkotantb.com)- Ratusan rumah dan fasilitas publik rusak di hajar angin puting beliung di sejumlah desa di Alas Barat dan Alas Kabupaten Sumbawa, Senin sore (9/11). Selain merusak rumah dan fasilitas umum tiga orang di laporkan mengalami luka luka akibat terkena puing dan pecahan bangunan yang di sapu puting beliung tersebut. 


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Ir. A. Rahim mengatakan sejumlah wilayah di sejumlah desa mengalami kerusakan akibat kuatnya angin puting beliung. Adapun wilayah yang terdampak kerusakan yakni di Kecamatan Alas Barat terdiri dari 12 rumah, 1 unit Sekolah (SMAN 1 Alba) dan 1 unit Puskesmas di Desa Lekong, 23 rumah di Desa Usar Mapin, 30 rumah di Desa Labuhan Mapin, 17 rumah di Desa Gontar dan 15 rumah, 1 unit Masjid, 1 unit Mushollah di Desa Gontar Baru. Bahkan di Desa Usar Mapin terdapat 2 rumah roboh.



Kemudian Kecamatan Alas yang menyebabkan Kantor Desa Marente roboh bagian depan (gewel dan atap jatuh). Kecamatan Buer 1 rumah roboh, 3 rumah atap terangkat angin, 1 rumah miring dan 6 rumah mengalami kerusakan dinding. Sedangkan di Kecamatan Labuhan Badas terdapat beberapa rumah rusak.


Selain rumah dan fasilitas publik yang mengalami kerusakan ringan hingga berat, juga terdapat sejumlah korban di Kecamatan Alas. Yakni 3 korban luka-luka, 2 diantaranya anak berusia 8 tahun.


Korban luka 3 orang, termasuk 2 orang anak usia 8 thn cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa.


"Korban luka 3 orang, termasuk dua orang anak usia 8 tahun cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. Musibah ini terjadi ketika sedang berlangsung pembagian BST dari Kantor Pos di Kantor Desa Marente," ungkapnya.


Dijelaskannya, tindakan yang sedang dilakukan BPBD Sumbawa yaitu melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini. Menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi. Termasuk mempersipakan logistik untuk di distribusikan ke korban bencana.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close