Estimasi Penonton perhelatan MotoGP di Mandalika Capai 160 Ribu Orang

Head Operational The Mandalika Made Pariwijaya memberikan penjelasan progress pembangunan sirkuit MotoGP dalam acara Media Bond yang do gelar di kawasan Mandalika, Rabu (16/12)

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Perhelatan MotoGP Mandalika tahun 2021 di perkirakan akan ditonton langsung sebanyak 160 ribu orang. Namun perkiraan tersebut bila pandemi covid-19 berakhir.


Tetapi bila pandemi covid-19 masih berlangsung di perkirakan jumlah penonton mencapai 114 ribu orang selama tiga hari perhelatan MotoGP dengan rincian 40 persen adalah penonton lokal dan sebagian besar berasal dari luar atau wisatawan.


"Perkiraan kita mencapai 160 ribu penonton, tetapi dengan catatan bahwa covid-19 berakhir, dan 114 ribu orang bila pandemi masih berlangsung," papar Head Operational The Mandalika Made Pariwijaya saat acara Media Bond di Kawasan Mandalika, Rabu (16/12).


Made Pariwijaya mengatakan dengan jumlah penonton tersebut membutuhkan kamar hotel yang cukup banyak.



Sementara ketersediaan kamar sesuai data PHRI di wilayah NTB hanya tersedia 14 ribu kamar. Untuk mengantisipasi kekurangan kamar pihak ITDC akan mensiasati dengan camping ground, desa wisata dan berkordinasi dengan Pelni untuk menyediakan penginapan terapung yakni kapal yang di sulap menjadi penginapan.


"Kebutuhan kamar kita memang belum memadai, jadi nanti ada camping ground, desa wisata dan kita berkordinasi dengan Pelni nanti untuk menyiapkan kamar terapung," ujar Pariwijaya


Sementara peredaran uang selama pelaksanaan MotoGP kata Pariwijaya di perkirakan mencapai 260 milyar. Jumlah tersebut di luar sponsor serta hak siar.


"Estimasi bila satu orang menghabiskan 100 dollar maka jumlah uang yang beredar mencapai 260 milyar dan itu di luar sponsor dan hak siar, berapa totalnya kita belum menghitung," pungkas Pariwijaya. (RZ)