Korban Kebakaran Batu Rotok Dapat Bantuan Dari Kemensos RI

Dokumen foto kebakaran di Batu Rotok Sumbawa beberapa waktu lalu

Sumbawa (postkotantb.com)- Selain penanganan korban bencana gempa bumi, Kemensos RI melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) juga akan melakukan penyaluran bantuan kepada korban bencana kebakaran rumah yang terjadi di Kecamatan Baturotok Kabupaten Sumbawa dengan total nilai bantuan sebesar Rp. 2.183.000.000 (Dua Milyar Seratus Delapan Puluh Tiga Juta Rupiah), dengan rincian sebagai berikut :


1. Bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada 71 KK/Unit senilai Rp. 1.775.000.000,-


2. Bantuan Isi Hunian Tetap kepada 71 KK/Unit senilai Rp. 213.000.000,-


3. Bantuan Usaha Ekonomi Produktif kepada 17 KK seniai 85.000.000,-


Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial Kemenko PMK RI, Pudak Bektiwidari mengatakan bantuan untuk korban kebakaran Batu Rotok tersebut baru dapat di cairkan pada tahun 2021 karena proses verifikasi dan validasi data korban kebakarab tuntas pada bulan Desember. 



“Informasi yang kami peroleh dari Direktorat PSKBS, bahwa dikarenakan proses verifikasi dan validasi atas bantuan sosial kepada korban kebakaran tersebut baru selesai dilaksanakan di bulan Desember, sehingga proses penyaluran bansos tersebut dilakukan pada tahun anggaran 2021”, papar Pudak Bektiwidari Dalam acara penyerahan Jadup korban gempa 2018 oleh Kemensos kepada Dinas Sosial NTB di Sumbawa, Minggu (20/12).


di tempat yang sama, Asisten Deputi Penanganan Pasca Bencana Kemenko PMK RI, Melwan Harahap dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan Dandim dan Kapolres Sumbawa selaku perwakilan Satgas yang sangat membantu warga mengalami bencana gempa bumi. Berkat kordinasi yang cukup baik sehingga Jadup ini dapat terealisasi dan patut disyukuri.


“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dalam menghadapi berbagai macam bencana. terkait pandemo covid-19, meskipun sekarang sudah ada vaksin bukan menjamin tidak tertular, caranya hanya satu yakni menerapkan protokol kesehatan bukan hanya terselamatkan dari virus corona tapi dari berbagai macam ancaman penyakit menular lainnya”, imbau Melwan Harahap.(RZ)