Pataka Kemenag Pesiar Keliling Loteng

Rangkaian Perayaan HAB Kemenag ke 75
PATAKA: serba serbi sebelum bendera Pataka di arak keliling Loteng. Kakanwil Kemenag NTB langsung melepas rombongan.


Lombok Tengah (postkotantb.com)- Menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke 75, Kantor Kemenag Lombok Tengah (Loteng) melakukan pesiar bendera pataka keliling ke seluruh kantor urusan agama (KUA), se Loteng selama tiga hari. Acara pembukaan kirap bendera pataka dirangkaikan dengan santunan anak yatim  menyerahkan 50 buku nikah ke KUA Batukliang Loteng.


Pembukaan kirab bendera pataka di Loteng dilepas langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakannwil) Kemenag NTB Dr KH. M. Zaidi Abdad di KUA Kecamatan Batukliang Loteng Selasa (29/12). Dalam arahannya, orang nomor satu di Kemenag NTB ini mengatakan, menyambut HAB ke 75, pihaknya sudah meminta kepada seluruh kemenag kabupaten Kote se NTB untuk dimeriahkan dengan sebaik baiknya dan harus sesuai dengan protokol Covid-19.


"Perayaan HAB tahun ini memang beda, sebab kita saat ini masih ditengah Covid-19, makanya saya mengajak kepada seluruh kemenag SE NTB, untuk memeriahkan acara HAB disesuaikan dengan protokol Covid-19," katanya.


Memeriahkan gawe besar kata Zaidi, dibutuhkan kolaborasi semua unsur mulai dari Provinsi hingga Kabupaten sampai di Tingkat kecamatan untuk  menyentuh seluruh masyarakat di desa dan dusun agar bergerak bersama, demi mewujudkan Visi Dan misi Kemenag menuju Indonesia Rukun.


"Yang jelas pintu sukses itu adalah kebersamaan, makanya saya mengajak kepada seluruh elemen untuk bersatu padu, dan jalin kerjasama dengan Pemda dimasing-masing kabupaten kota setempat, termasuk dengan aparat keamanan," ajak Zaidi.


Momen penyerahan bendera pataka menurutnya, terkandung nilai positif dalam menebarkan kerukunan antar umat beragama. Membangun Kerukunan tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemenag. Akan tetapi tanggung jawab seluruh pihak untuk bersinergi membangun dan memperkokoh silaturrahmi antar umat beragama.


Apalagi diperkuat dengan konsep tema HAB ke 75 tahun 2021 ini yaitu Indonesia Rukun. Perwujudan Indonesia Rukun sesuai dengan Tema HAB tahun ini pun akan tercapai, jika peran seluruh elemen masyarakat semakin diperkuat.



“Menyambut HAB Kemenag Ke 75 agar perkuat, membangun, memperkokoh sinergitas Kemenag dengan Stekholder. Jadikan perayaan HAB ini sebagai refleksi kita untuk introspeksi diri, kekurangan apa saja dalam membangun daerah selama ini untuk diperbaiki kedepannya," pintanya.


Sementara itu, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Loteng, H. Zamroni Aziz mengaku telah melakukan banyak program dalam menyambut HAB ini. Mulai dari program sambang Masjid, termasuk apa yang sedang dilaksanakan hari ini.


"Menyambut gawe besar ini, kita sudah lakukan banyak program, termasuk mengarak bendera kirab petakan ke seluruh KUA di masing-masing Kecamatan se Loteng," katanya.


Diakui tingkat kemajemukan masyarakat di Loteng sangat tinggi. Demikian pula dengan kebudayaan yang sangat kental. Sehingga dengan kirab pataka ini, semua elemen masyarakat dan pemerintah dapat memahami Visi dan Misi dari Kemenag.


Selanjutnya, bendera pataka ini, nantinya akan mengelilingi seluruh KUA di 12 Kecamatan se Loteng, kemudian akan kembali ke Kantor Kemenag Loteng tanggal 3 Januari pada saat pelaksanaan Upacara bendera dalam Rangka HAB kemenag ke 75 tahun 2021.


"Demi lancarnya kirap bendera pataka ini, kita sudah bagi menjadi empat rute, pertama Kecamatan Batukliang Utara, Batukliang dan Kopang. Rute kedua Kecamatan Janapria, Praya Timur, Praya Tengah dan rute ke tiga Praya Barat, Praya Barat Daya dan Pujut, dan rute terakhir Jonggat, Pringgarata dan Praya," tutupnya. (ap)