Sejumlah Rumah Rusak Berat Usai Disapu Angin Puting Beliung di Bima

Tampak atap rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi Kamis (24/12) di sejumlah dusun di desa Doridungga 

Bima (postkotantb.com)- Angin Puting Beliung yang terjadi pada Kamis siang (24/12) menyebabkan sejumlah rumah warga di Dusun Lakeke RT 06, Dusun Kacamba RT 07, 08, dan Rt 19 Desa Doridungga, Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, mengalami rusak berat.


Akibat terjangan angin puting beliung tersebut diperkirakan 13 rumah yang rusak berat dan rusak ringan. Namun tidak ada laporan korban jiwa akibat bencana tersebut. 


Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah merespon cepat dengan langsung mengerahkan BPBD untuk segera memberikan bantuan. Kalak BPBD NTB, Ir. I Gusti Bagus Sugharta, langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima, saat itu juga untuk memetakan bantuan yang tepat.



“Kami telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima, untuk mengirimkan bantuan tanggap darurat. Bantuan akan langsung diberikan melalui BPBD Kabupaten Bima. Sehingga bisa langsung sampai pada para Korban,” ujar Sugiharta, Jum'at (25/12) kepada awak media saat di konfirmasi melalui telepon. 


Bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi NTB berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima tersebut merupakan bantuan tanggap darurat, antara lain berupa terpal 10 lembar, Seng 100 lembar, paku seng 10 kg, 11 dus mie instan, dan 11 dus air mineral. 


Kepala Desa Doridungga mengaku bantuan untuk korban angin puting beliung telah dikordinasikan pihak desa bersama BPBD Kabupaten Bima dan Provinsi. 


“Alhamdulillah, bantuan yang sesuai dengan kebutuhan kami telah diterima para korban bencana. Kami atas nama warga Desa Doridungga menyampaikan salut dan mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Gubernur NTB, yang begitu cepat merespon dan membantu warga kami. Padahal hari ini libur nasional,” ujar Jubaid Kepala Desa Doridungga, saat menjemput bantuan ke BPBD Kabupaten Bima.(RZ)