Kerukunan Umat sebagai Pemersatu Bangsa

Peringatan HAB Kemenag ke 75 Berlangsung Khidmat dan Meriah


BENDERA: Wabup Loteng, H. Lalu Fathul Bahri, menyerahkan bendera  Pataka Kemenag ke Kepala  ke Kepala Kemenag Loteng H. Zamroni Aziz saat puncak acara HAB ke 75.

Lombok Tengah (postkotantb.com)-Kementerian Agama menjadikan kerukunan umat beragama di tanah air sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Umat beragama yang rukun diyakini akan menciptakan iklim kehidupan yang harmonis. 


Menjaga kerukunan umat beragama di tanah air menjadi tema utama peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama yang ke 75 tahun ini. Di Lombok Tengah, peringatan HAB di Alun alun Tastura  berlangsung khidmat dan meriah.


Dalam sambutannya Menteri Agama Yaqut Ckholil Coumas yang dibacakan oleh Wakil Bupati Loteng HL Pathul Bahri mengatakan, Kementerian Agama secara resmi berdiri pada tanggal 3 Januari 1946 yang dibentuk melalui usulan sejumlah tokoh ulama dalam sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).


Kementerian Agama yang pertama kali dipimpin oleh Muhammad Rasjidi, setelah melintasi sejarahnya panjang.


"Atas jasa jasanya, kita patut berterima kasih dan mendoakan semoga amal bakti para perintis pendiri dan pembangun Kementerian Agama mendapat ridho Allah Tuhan yang maha kuasa dan kita semua diberikan kekuatan dalam melanjutkan cita-cita mereka, untuk kepentingan bangsa negara dan agama," kata Pathul.


PIAGAM: Wabup Loteng, H. Lalu Fathul Bahri, menyerahkan piagam  Satya Lencana dari Presiden RI kepada Kemenag Loteng H. Zamroni Aziz.

Selanjutnya di usianya yang ke 75 tahun jadi momentum Kemenag mengenali segala prestasi yang telah dicapai untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.


Dikatakan, kebanggaan toleransi dan kerukunan antar umat beragama, merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur kementerian agama dari masa ke masa.  Tanpa toleransi tidak ada kerukunan dan toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.



Di negara yang berdasarkan Pancasila ini tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas dalam kaitan itu semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing di mana hak seseorang dibatasi oleh hak hak orang lain.


Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai ke Indonesia sebagai bangsa yang beragama.


Semangat kementerian agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Di antaranya, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik termasuk di dalamnya layanan penyelenggara haji dan umrah pendidikan agama dan keagamaan serta pusat pelayanan agama.


Diakhir amanahnya, menteri agama  mengajak kepada seluruh warga menjadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara.


Dalam kesempatan itu Pathul menyebut, kantor kementerian agama Loteng berperan dalam pembangunan manusia seutuhnya dan mencerdaskan anak bangsa, khususnya di program pendidikan.



UPACARA: Wabub Loteng H. Lalu Fathul Bahri selaku inspektur upacara dalam rangka HAB ke 75. 

Pemda Loteng sangat terbantu. Artinya ketika lembaga pendidikan di bawah diknas tidak ada, pastinya di sana ada pendidikan madrasah, yang dinaungi kementerian agama.


Selain itu, di bidang keagamaan, kementerian agama melalui beberapa penyuluh agama juga telah memberikan kontribusi dan sumbang sih yang besar terhadap Pemda Loteng.


Atas kerja sama ini, pihaknya akan mengupayakan ke depan, antara pemda dan kementerian agama akan terus saling mengisi dan membantu. 


"Selama ini antara Pemda Loteng dengan kementerian agama, selalu saling mengisi dan insya allah kedepan hubungan yang baik ini akan terus di jaga dan ditingkatkan," tegasnya.


Sementara itu Kepala kantor Kementerian agama Loteng H. Zamroni Aziz SHi MH menyebut banyak berterimakasih kepada seluruh komponen yang telah membantu, sehingga acara puncak HAB kemenag ke 75 di Loteng berjalan lancar.


"Alhamdulillah semua persiapan kita sudah rampung dan puncak HAB ke 75, berjalan sesuai yang dan suksesnya acara ini tentunya tidak lepas dari kerja sama yang telah terbangun dengan baik, khususnya di kalangan panitia," katanya


Dikatakan perayaan HAB tahun ini memiliki sejarah bagi dirinya sendiri, sebab tahun ini adalah kali pertama HAB di laksanakan setelah beberapa bulan lalu di Lantik sebagai kepala Kemenag Loteng.


HAB: perayaan HAB ke 75 akan dirangkai dengan kegiatan Dzikir dan Doa.


Karena ini yang pertama, pihaknya telah melaksanakan berbagai macam kegiatan, sebagai muqoddimah hari puncak HAB. 


Di ataranya sudah melakukan bakti sosial, sambang masjid, membawa bendera pataka kemenag keliling ke seluruh KUA se Loteng dan beberapa kegiatan lainnya.


Perayaan HAB tahun ini juga dirangkai dengan kegiatan zikir dan doa yang akan dimulai tanggal 13 Januari di 13 titik. Zikir dan doa tersebut akan dilaksanakan serentak se Loteng.


Dalam zikir dan doa tersebut pihaknya akan mengundang semua pihak. 


Hal ini dilakukan, guna menunjukkan kebersamaan, bahwa Loteng masih membutuhkan kebersamaan untuk membangun.


"Pilkada sudah lewat, sekarang kita rajut kebersamaan bangun daerah sendiri sehingga beliau beliaunya juga kita undang," terangnya.


Dalam zikir dan doa ini, pihaknya sudah mempersiapkan 1075 dulang yang tersebar di 13 titik di 12 kecamatan.


"Dalam acara zikir dan doa ini, di sanalah bapak menteri agama akan berpidato dan itu akan dilakukan secara virtual," tutupnya. (adv)