Kuatkan Ketahanan Pangan, Kodim Loteng Kampanyekan Budidaya Ikan Air Tawar

Pelepasan Ikan: Dandim 1620 Loteng Letkol Infanteri I Putu Tangkas Wiratawan saat pelepasan bibit ikan air tawar.


Lombok Tengah (postkotantn.com)- Pandemi covid-19 membuat kehidupan perekonomian masyarakat Lombok Tengah menurun. Ketersediaan pangan sebagai penopang kehidupan banyak terganggu. Melihat fenomena ini, TNI tergerak untuk membantu masyarakat  dalam penguatan ketahanan pangan melalui kampanye program budidaya ikan air tawar. 

 

‘’TNI ingin berkontribusi nyata dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di Lombok Tengah ini,’’ kata Dandim 1620 Loteng Letkol Infanteri I Putu Tangkas Wiratawan saat pelepasan bibit ikan air tawar di kolam ikan Kelompok Tani Beriuk Maju Dusun Ujan Rintis, Desa Mertak Tombok, Kecamatan Praya, Selasa (5/1).

 

Hadir dalam kesempatan itu pejabat Dinas Perikanan dan Kelautan Loteng, Sekcam Praya, Pasiterdim 1620/Loteng Kapten Inf AA Rai Budiana, Para Danramil jajaran Kodim 1620/Loteng, Kades Mertak Tombok Lalu Amrullah. 

 

Wiratawan, mengatakan, kegiatan budidaya ikan adalah program Pangdam IX/Udayana yang baru Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Program ini  sukses dijalankan di wilayah Jawa Tengah. Dan saat ini program ini digalakkan kembali di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana. 

 

"Kodim 1620/Loteng menjalankan program tersebut ada dua tempat yakni di Desa Mertak Tombok Kecamatan Praya dan Budi daya ayam petelur di Kecamatan Praya Timur" ujarnya. 

 

Terhadap program tersebut, pihaknya optimis kegiatan ini akan berhasil, namun yang lebih penting adalah mewujudkan sinergitas TNI dengan semua unsur yang ada di masyarakat untuk sama-sama bertekad memperkuat ketahanan pangan daerah. 

 

Sementara Wabup Loteng HL Pathul Bahri, S.IP mengatakan, potensi Loteng cukup menjanjikan, mulai dari pertanian hingga potensi perikanan darat. 

 

"Program Kodim Loteng ini harus bisa kita tiru, apalagi saat ini kita sedang dihadapkan dengan musibah covid-19," katanya.


Pathul menyebut, Loteng memiliki daerah dengan tiga potensi besar. Wilayah utara dengan potensi pertanian dan perkebunan, wilayah tengah dengan potensi industri dan pusat pemerintahan dan wilayah selatan dengan potensi baharinya. 

 

"Untuk wilayah utara yang punya potensi perikanan antara lain ada di Batukliang, Batukliang Utara, Kopang, Pringgarata dan Jonggat, wilayah ini adalah daerah produksi perikanan darat" terangnya.

 

Program ini lanjutnya, memiliki peran penting dalam rangka memberikan asupan nutrisi dan gizi bagi masyarakat sehingga dengan gizi yang  baik maka masyarakat akan sehat dan cerdas. Selain sebagai ajang silaturahmi antara aparat TNI dengan kelompok petani peternak ikan di Loteng, tetapi juga dalam rangka memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat melalui ketahanan pangan yang memadai. 

 

"Pemda Loteng akan support kegiatan TNI di masyarakat agar program dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil" jelasnya. (ap)