NCW Lobar Desak Inspektorat Kembali Audit Mantan Kades

Ketua Lembaga NTB Coruption Watch (NCW) Lombok Barat (Lobar) Fathurahman Lod

Lombok Barat (postkotantb.com)- Ketua Lembaga NTB Coruption Watch (NCW) Lombok Barat (Lobar) Fathurahman Lod mengaku telah memperoleh informasi terkait hasil audit Inpektorat Lobar terhadap mantan Kepala Desa Kuripan Utara. Hasilnya, inspektorat menemukan kerugian Negara lebih kurang Rp.160 juta pada penggunaan dana desa (DD) tahun anggaran 2019.


Audit Inspektorat Lobar menurutnya dapat menjadi barometer bagi institusi tersebut untuk kembali melakukan  audit. Adanya temuan kerugian negara tidak menutup kemungkinan akan muncul kerugian negara pada penggunaan dana desa di tahun-tahun sebelumnya.


Karenanya lanjut dia, NCW Lobar mendesak agar Inspektorat segera melakukan audit lanjutan terhadap penggunaan DD di tahun 2017 dan 2018.


“Jelas oknum mantan  kades itu sudah diaudit terkait dugaan korupsi dana DD tahun 2019 oleh pihak APH maupun  inspektorat ketemu angka kerugian negara Rp 160 juta,” ungkapnya.


“Kami sudah melaporkan dugaan kasus korupsi DD Mantan Kades Kuripan Utara ke Polres Lobar bulan lalu. Namun kemarin kami dapat segelintingan informasi bahwa oknum mantan kepala desa tersebut sudah mengembalikan kerugian negara ke inspektorat. Konon dengan adanya pengembalian itu maka  proses hukum mantan kades gugur. Ini yang kami sayangkan," sambungnya.


Faturahman berkomitmen akan tetap mengawal kasus dugaan korupsi DD dan mendukung upaya APH dalam menuntaskan kasus tersebut.(ali)