Wisata Danau Lebo Digadang jadi Ikon Sumbawa Barat

Wisata Danau Lebo Digadang jadi Ikon Sumbawa Barat
MENAWAN: Salah satu spot di kawasan wisata Danau Lebo. Kawasan wisata ini diyakini akan jadi ikon baru Kabupaten Sumbawa Barat.

 TALIWANG (postkotantb.com)-Pembangunan kawasan destinasi wisata Danau Lebo Taliwang terus menggeliat. Sejumlah pelaku usaha kecil menengah mulai menjadikan kawasan sebagai lokasi berusaha baru. Oleh Pemkab Sumbawa Barat, Danau Lebo digadang sebagai ikon wisata di pintu masuk KSB. Hal ini dikatakan oleh Pembina Pokdarwis Tonyong Bulaeng dan juga pembina UMKM Pakirum Mandiri, Edi Chandra dalam rilisnya

Dijelaskan, sebuah destinasi pariwisata harus memiliki daya tarik wisata.  Segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.

"Pengembangan daya tarik wisata bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, di samping mengharapkan efek penggandanya untuk peningkatan perekonomian masyarakat,’’ ujar Edi.

Pemerintah daerah dan pokdarwis serta kelompok serta pelaku UMKM  di kawasan wisata  itu juga perlu bekerja keras.

Pasalnya, persaingan pariwisata antardaerah belakangan ini semakin kompetitif.  Berbagai daya tarik wisata baru yang instagenik bermunculan.  Inovasi dan ide kreatif menjadi tolak ukur daya tarik wisata untuk menggaet kunjungan wisatawan.  Selera wisatawan selalu berubah, untuk itu, pengembangan pariwisata harus dibarengi dengan inovasi daya tarik wisata yang mengikuti perubahan selera wisatawan tersebut.

Danau Lebo Taliwang yang dikelola oleh Pokdarwis Tonyong Bulaeng menawarkan berbagai wahana dan atraksi wisata. Di antaranya wahana uji nyali flying fox,  wahana permainan anak anak,  wahana naik sampan keliling kolam dan wahana karaoke

Edi menyebut, Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM yang akan melauncing pembukaan  kawasan wisata itu akhir pekan ini. (edi)