Kades Bilelando Galakkan Kegiatan Jumat Bersih

Panjaitan mengaku mengambil ajaran agama Islam, kalau kebersihan itu bagian dari iman, serta kebersihan itu adalah

Kades Bilelando (peci hitam) bersama stap desa, saat melakukan gotong royong menimbun jalan jalan yang berlubang di jalur Bilelando menuju Dusun Kelongkong kemarin
Kades Bilelando (peci hitam) bersama stap desa, saat melakukan gotong royong menimbun jalan jalan yang berlubang di jalur Bilelando menuju Dusun Kelongkong kemarin

 Lombok Tengah (postkotantb com) - Tidak butuh waktu lama pasca dilantik, Kepala Desa Bilelando, Panjaitan, langsung aksi dengan program Gerakan Jumat Bersih.

Dalam gerakan Jum'at bersih perdana ini, semua staf diterjunkan, mulai dari kasi, kaur, Kadus, BKD, lembaga adat di desa setempat dan KTI Bile Sayang.

Panjaitan mengaku mengambil ajaran agama Islam, kalau kebersihan itu bagian dari iman, serta kebersihan itu adalah pangkal kesehatan.

"Di samping anjuran agama bersih itu bagian dari iman dan menyehatkan, sehingga kami programkan Jum'at bersih," katanya Senin (1/02).

Dalam program ini, pihaknya melibatkan seluruh komponen yang ada di desa. Program ini  dimulai dengan membersihkan jalan yang menghubungkan jalan Bilelando Kelongkong. Bagian jalan yang berlubang ditutupi tanah, termasuk semak semak yang menutupi badan jalan juga ikut dibersihkan.

"Karena ini masuk program jangka panjang, setiap Jum'at kita akan lakukan, sesekali saya juga akan mengajak stap untuk berolahraga di kantor sebelum kita berangkat," ungkapnya.

Kata dia, di Bilelando pola hidup sehat masih asing di masyarakat, sehingga menjadi barometer masyarakat dan menumbuhkembangkan kesadaran. Harus dimulai dari diri sendiri, utamanya di kalangan staf desa, sehingga pihaknya yakin, dengan sendirinya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan untuk menjaga kesehatan.

"Tujuan kegiatan Jum'at bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di Desa Bilelando, lebih asri dan bersih," terangnya.

Selain untuk kesehatan, mengajak masyarakat untuk cinta kebersihan dan menjaga wilayah, itu bagian dari  tanggung jawab pemimpin.

"Kewajiban sebagai pemimpin harus menjadi contoh teladan, sebab di samping pertanggungjawaban di dunia, juga di akhirat nanti dihadapan sang khalik juga wajib kita pertanggungjawabkan," tutupnya. (AP)