Pembangunan Global Hub Bandar Khayangan Tertunda

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, H. Mohammad Rum, mengatakan, penundaan tersebut disebabkan.....

Investor Korsel dan Rusia Hilang Kontak


Mataram (postkotantb.com) - Progres investasi Global Hub yang berlokasi di wilayah Khayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB, mengalami penundaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, H. Mohammad Rum, mengatakan, penundaan tersebut disebabkan pandemi Covid 19. Sebelumnya, Investor asal negara Rusia dan Korea Selatan (Korsel) merencanakan investasi Global Hub.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, H. Mohammad Rum
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, H. Mohammad Rum

"Sampai sekarang kami masih kehilangan kontak dengan calon investor Rusia dan Korsel. Salah satu perwakilan sempat menghubungi saya. Dia tidak mau ambil resiko tertular korona, karena usianya di atas 70 tahun," ungkap Rum diruangannya, Senin (8/2).

Lebih lanjut, Global Hub nomor dua setelah Mandalika resort. Demi memastikan investasi di wilayah tersebut kembali berjalan, pemprov membuka peluang untuk calon investor lainnya.

Tentunya, Pemprov NTB telah menyiapkan fasilitas yang memperlancar kegiatan investasi. Contohnya kemudahan pengurusan izin bahkan menjanjikan selesai dalam waktu sehari. Hal-hal yang bakal menyulitkan investor akan dieleminasi. Selain itu, Pemprov NTB telah membentuk tim khusus untuk mendampingi investor.

Selain memudahkan realisasi investasi, juga mengantisipasi terjadinya gap komunikasi dan koordinasi antara pimpinan ditingkat provinsi dengan kepala daerah tingkat dua atau kabupaten, pegawai yang menangani langsung di lapangan, termasuk penduduk lokal.

"Kalaupun ada yang mau jadi investor, kami persilahkan titipkan modalnya di Bank NTB, sebagai wujud keseriusan mereka untuk berbisnis dan punya modal," tandasnya.(RIN)