PT GNE Resmikan TDC Mahadesa Saribaye

Direktur Utama GNE, Samsul Hadi mengatakan

Mataram (postkotantb.com) - PT. Gerbang NTB Emas (GNE) meresmikan TDC Mahadesa Desa Saribaye Kecamatan Lingsar, Lombok Barat (Lobar). Peresmian ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Komisaris Utama PT. GNE, M.S Kasdiono, Senin (08/2).

Turut hadir di peresmian tersebut, Direktur Utama GNE, Kepala Desa Saribaye beserta BPD, Mahasiswa KKN Universitas Mataram  dan masyarakat umum.

PT GNE Resmikan TDC Mahadesa Saribaye
PT GNE Resmikan TDC Mahadesa Saribaye

Dalam sambutannya, Direktur Utama GNE, Samsul Hadi mengatakan, GNE melalui TDC Mahadesa terus berupaya membangun ekosistem ekonomi baru berbasis desa. BUMDes jadi garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian desa melalui pemberdayaan pemuda dan masyarakat setempat.

"Peluang TDC dalam membangun ekonomi baru, sangat besar karena pangsa pasarnya sudah jelas," katanya.

Dia menyebut contoh kecil kebutuhan primer masyarakat. Antara lain minyak, gula, beras,  pulsa, paket internet dan lainya. Ketika item ini dikapitalisasi BUMDes, pergerakan ekonomi akan meningkat di desa.

"Kebutuhan satu KK per bulan anggap saja Rp. 500.000, jika dalam satu desa memiliki 500 KK, bisa dihitung uang yang beredar di desa selama satu bulan sebesar Rp 250.000.000. Ini hanya sebagian kecil saja, jikalau 1.000 KK berapa uang yang beredar dalam satu bulan," paparnya.

Lebih lanjut, kehadiran TDC Mahadesa untuk membantu BUMDes dalam mengelola ekonomi desa agar lebih profesional dengan menggunakan teknologi kekinian. Selanjutnya, Setiap Bumdes akan diinstalkan program TDC Mahadesa, sehingga semua kebutuhan masyarakat tercover melalui big data yang sudah disiapkan.

"Era digital saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Belanja online dari platform seperti Tokopedia, Shoope, Lazada, Bukalapak dan lainnya sudah familiar," imbuhnya.

"Sehingga TDC Mahadesa mengembangkan platform yang bisa belanja online dari rumah sambil rebahan, barang yang dipesan lewat handphone sampai sesuai pesanan," sambungnya.

Dia berharap, Ikhtiar digitalisasi desa melalui program TDC Mahadesa, dapat memberikan banyak kontribusi dalam rangka meningkatkan ekonomi desa.

"Jalan panjang harus dilalui dari jalan setapak yang banyak duri dan rintangannya, semoga ikhtiar ini bisa menjadi batu batanya mewujudkan NTB gemilang," tutupnya. (SFM)