Kemenag Loteng Gelar Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA

Para kepala KUA Se-Loteng saat diberikan bimtek oleh Kasi Bimas Islam kanmenang Loteng

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Dalam Rangka peningkatan sumber daya manusia yang siap kerja, Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) lingkup Kantor Urusan Agama (KUA), di ruang Wharsop MAN 1 Loteng, Kamis (25/3).

Kegiatan ini mengusung tema, peningkatan mutu layanan KUA. Tema tersebut sesuai dengan kondisi saat ini, di mana jumlah ASN lingkup KUA di kabupaten ini dinilai masih minim. Dalam sambutannya, Kepala Sub Bagian Tata usaha (Kasubag TU) Kemenag Loteng, H. Zaqiuddin Usman mengatakan, KUA adalah unit pelaksana teknis Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama tingkat Kecamatan.

Unit tersebut bertugas melaksanakan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam urusan nikah, rujuk dan pelayanan lainnya. Seperti pelayanan kemasjidan, wakaf dan zakat. Termasuk pembinaan manasik haji yang menjadi tugas dan fungsi KUA. 

"ASN KUA di setiap Kecamatan kita masih minim. Mau tidak mau kita harus siapkan SDM siap pakai. Termasuk bimtek kali ini, menjadi bagian dari pemantapan SDM kita,'' katanya.

Di sisi lain, hubungan antara Kanmenag dengan Pemda Loteng, dalam acara acara tertentu, tidak bisa dipisahkan. Karenannya, hubungan tersebut akan terus dijaga demi memberi pelayanan terbaik, bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, H.Suparman menyebut, kegiatan Bimtek ini diikuti sebanyak 45 peserta. Terdiri dari Kepala KUA, Penghulu,  penyuluh agama PNS dan Non PNS, tokoh agama, tokoh Masyarakat serta Pegawai KUA.

Menurutnya, kegiatan Bimtek dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik, terutama urusan nikah, rujuk dan pelayanan lainnya. "Sosialisasi ini, salah satu langkah pemantapan dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Apalagi di tengah pandemi ini," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Loteng, Dr. HM Nursiah mengaku, kinerja Kemenag terkorelasi terhadap setiap program di daerah. Khususnya masalah keumatan, pihak Kemenag telah banyak membantu pemerintah daerah. Dia berharap, hubungan harmonis antara Kemenag dan Pemerintah Loteng, ke depan, dapat terjalin semakin baik.

"Loteng adalah kabupaten religius, sehingga keberadaan Kanmenag sangat membantu Daerah. Lebihnya visi kami berdua juga religius," ungkapnya.

Demi mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lanjut dia, perlu adanya pemerintahan yang baik (Good Govermance). Sehingga, pihak KUA dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus banyak melibatkan peran serta masyarakat.

Nursiah juga meminta kepada seluruh kepala KUA agar lebih intens dalam memberikan pembinaan dan sosialisasi, terutama menyangkut masalah pernikahan dini. "Pernikahan dini, masih menjadi tugas Pemda, sehingga dalam kesempatan ini kami berharap peran serta KUA, ikut mensosialisasikan ke masyarakat, terkait bahayanya pernikahan dini," harapnya (AP)