Pemprov NTB Siapkan Pabrik Megah di STIPark

Ketua kelompok peternak ayam petelur dari Montong Baan, Sikur Lombok Timur, Khairul Azam

Lombok Barat (postkotantb.com) - Pemerintah Provinsi NTB dengan program mandiri pakan, mandiri telur dan mandiri benih, menyiapkan pabrik megah di kawasan STIPark Banyumulek Lombok Barat. Terdiri dari pabrik seed-feed processing, Corn Dryer dan Feedmill. Feedmill atau pabrik pakan sudah beroprasi dalam memenuhi kebutuhan pakan untuk ayam petelur.   

Khairul Azam salah satu ketua kelompok peternak ayam petelur dari Montong Baan, Sikur Lombok Timur ditemui di pabrik pakan oleh tim Media dan Humas GNE, Rabu (17/3), menuturkan bahwa kebutuhan pakan ayam petelur sangat tinggi di NTB dikarenakan rata-rata banyak pengusaha beralih profesi menjadi pengusaha ayam petelur karena pasarnya lebih mudah. 

"Hadirnya feedmill ini menjadi salah satu kabar gembira yang luar biasa bagi kami peternak ayam petelur" tutur Azam.

Dengan adanya feedmill ini sudah komplit dengan komposisi jagung 50%, dedak 14%, konsentrat 35% dan vitamin mineral 1%. Komposisi ini akan menghasilkan telur lebih meningkat dari sebelumnya. Karena sebelumnya mereka kesulitan mendapatkan pakan yang berkualitas yang sesuai dengan standar nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam.

"Adanya feedmill ini sangat membantu dalam mengurangi biaya oprasional dan harga pakan saat ini jauh lebih murah karena di feedmill ini sudah komplit komposisinya," jelasnya.

Azam merekomendasikan bagi seluruh peternak ayam petelur di NTB untuk segera beralih beli pakan ayam ke feedmill di kawasan STIPark, dijamin menguntungkan dan tidak repot lagi untuk campur-campur yang seperti sebelumnya.

"Bagi sahabat peternak ayam petelur yang ingin membeli pakan, jangan lupa order dulu sebelum datang ke pabrik karena banyak kelompok peternak ayam yang menunggu juga dan Allhamdulillah juga di feedmill ini kami sudah membeli 5 ton untuk hari ini," imbaunya.

Hadirnya kebutuhan fundamental dalam mewujudkan mandiri pakan sebagai salah satu program industrialisasi untuk NTB Gemilang oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat direspon positif oleh masyarakat terutama kelompok peternak ayam petelur.

"Terima kasih Pak Gubernur NTB Bapak Dr. Zulkieflimansyah yang luar biasa dan kami tunggu silaturrahmi ke rumah lagi," tutupnya. (SFM)