Dikes Lotim Upayakan 70 Persen Masyarakat Divaksinasi

Kepala Dikes Lotim, Dr. H. Pathurrahman/

Lombok Timur (postkotantb.com)-Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur (Lotim) Dr. H. Pathurrahman menegaskan, akan mengupayakan 70 persen masyarakat di Lombok Timur harus divaksinasi.

"Jumlah tersebut adalah persentase yang ditargetkan pemerintah pusat untuk masyarakat Lombok Timur. Jadi kami harap di Lombok Timur 70 persen masyarakat divaksin," tegas Pathurrahman, Kamis (22/4).

Diakui, khusus masyarakat lanjut usia (lansia), pihaknya mentargetkan sebanyak 641 orang. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan sasaran sebanyak 4.809 orang.

Hal demikian disebabkan, rata-rata lansia memiliki penyakit bawaan. Jadi, tenaga medis harus betul-betul teliti dalam memberikan vaksin terhadap lansia.

"Untuk lansia kami harus betul-betul pastikan tidak ada penyakit bawaan atau penyerta, baru kami berikan vaksin," imbuhnya.

Berdasarkan data Dikes Lotim, jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin mencapai 24.847 orang. Dengan rincian, tenaga kesehatan sebanyak 5.319 orang, pelayan publik 18.579 dan lansia 641 orang. Saat ini proses vaksinasi terhadap guru sedang berjalan sesuai dengan jumlah yang sudah terdaftar.

"Vaksinasi ini akan terus dilakukan hingga mencapai target 70 persen sebagaimana yang telah ditargetkan Pemprov NTB," pungkasnya.(iwan)