KPU Sumbawa Terima Kunjungan DPD Partai Gelora Indonesia

kunjungan kerja Dewan Pengurus Daerah Partai Gelombang Rakyat Indonesia (DPD Partai Gelora Indonesia, dipimpin Ketua DPD, Burhanuddin Jafar Salam, beserta jajaran pengurus DPD.
Sumbawa (Postkotantb.com) - KPU Kabupaten Sumbawa, Senin (12/04/2021) kemarin, menerima kunjungan kerja Dewan Pengurus Daerah Partai Gelombang Rakyat Indonesia (DPD Partai Gelora Indonesia, dipimpin Ketua DPD, Burhanuddin Jafar Salam, beserta jajaran pengurus DPD.

“Hajat kami ke KPU, selain untuk terdaftar di Kabupaten, juga sebagai awal menyongsong tahapan Pemilu 2024 karena awal 2022 sudah masuk tahapan,” kata Burhanuddin Jafar Salam.

BJS sapannya, menyebut bahwa Partai Gelora Indonesia di Kabupaten Sumbawa sudah memiliki struktur resmi dan elemen lainnya.

Sebagai parpol baru pihaknya ingin bergabung dan berkompetisi yang sehat.

“Mudahan-mudahan ke depan suasana iklim politik di Sumbawa dapat dipertahankan. Kami memulai dgn cara kami bersilaturahim dalam koridor saling memahami.
Kami sebagai peserta dan KPU sebagai penyelenggara dapat berjalan dengan baik. Mohon ke depan kami dapat diberikan pencerahan tentang kepemiluan,” imbuhnya.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan didampingi dua orang Komisioner, Muhammad Kaniti dan Aryati, serta Sekretaris, Lahmuddin, menyampaikan bahwa sesuai UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan UU 10 tahun 2016 tentang pilkada bahwa pada tahun 2024 Pemilu dan Pilkada dilaksanakan di tahun yang sama.

“Anggapan masyarakat akan digabung keduanya padahal berbeda. Pemilu di Maret dan
Pilkada November tahun 2024 sebagai penawaran KPU RI kepada Pemerintah dan Komisi II DPR RI. Diusul di tahun yang sama tapi bulannya berbeda,” ungkap Wildan.

Ketua KPU Sumbawa menegaskan bahwa terkait tahapan Pemilu maupun Pilkada, KPU RI belum menetapkan. karena sesuai Rakor antara KPU RI, Bawaslu RI, DKPP dan Komisi II DPR RI maupun Pemerintah tidak ada persetujuan perubahan UU Pemilu dan Pilkada. Hanya penawaran KPU untuk memajukan pelaksanaan, 30 bulan mulai tahapan sebelum dilaksanakan.

“Apabila disetujui pemerintah maka September 2021 sudah mulai masuk tahapan Pemilu,” sambungnya.

“Percayalah kepada kami yang akan bekerja sesuai peraturan Perundang-Undangan. Kami akan bekerja seperti biasa untuk memverifikasi kepengurusan.
Apabila kami sudah masuk tahapan, bila ada sosialiasi insya allah akan kami melibatkan Partai Gelora,” ujarnya.

Yang terpenting tutupnya, saat ini tahapan belum disahkan, setelah ada penetapan tahapan program dan jadwal maka KPU Kabupaten Sumbawa akan mensosialisasikan. (Yan/net)