Sambut Operasi KEK Mandalika, Pemdes Bunut Baok Laksakan Kursus Basing

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Kendati tidak masuk zona desa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng). 

Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Loteng, jauh sebelumnya sudah mempersiapkan diri, dengan  membuka program kursus Bahasa Inggris (Basing).

Kepala Desa (Kades) Bunut Baok Lalu Muzanni kepada media ini menjelaskan, melihat peluang kerja setelah KEK Mandalika kelak diresmikan, pihaknya merasa tertarik untuk mempersiapkan tenaga kerja (SDM) yang ahli dibidang penguasaan bahasa Inggris. Sehingga di bulan yang penuh berkah ini, pihaknya bersama

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Lingo Academy memprogramkan kursus bahasa Inggris di aula kantor desa setempat.

"Kami sengaja memilih bahasa Inggris sebagai bekal mempersiapkan beroperasinya KEK Mandalika, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa yang lazim dipergunalan dalam  berkomunikasi, sehingga nantinya para pemuda desa ketika ingin mencari pekerjaan, tidak terlalu sulit" ungkapnya saat membuka acara kursus bahasa Inggris di aula kantor desa setempat (19/04).

Dikatakannya, dalam kursus ini dibagi menjadi dua tingkatan, tingkat anak anak dan remaja atau umum. Untuk tingkat anak anak lanjutnya, diprogramkan  bahasa Inggris guna meminimalisir anak anak untuk tidak terpengaruh permainan di handphone. Sebab belakangan ini anak anak sudah banyak terpengaruh, sehingga dibuatkan program kursus yang nantinya bermanfaat untuk masa depan mereka dalam menghadapi tatanan global yang semakin maju.

Selanjutnya untuk remaja,kata dia, bertujuan agar para remaja ataupun kalangan umum yang ingin mencari lapangan pekerjaan di sekitar KEK Mandalika dan MotoGP, dengan bermodalkan penguasaan bahasa Inggris, lapangan pekerjaan lebih mudah didapatkan. Harapnya.

Ia menambahkan, program kursus ini diselenggarakan selama tiga bulan dan diikuti 57 orang peserta, yang berasal dari 19 dusun di Desa Bunut Baok. 

"Masing masing dusun kita ambil 3 orang peserta," terangnya.

Sementara itu, ketua Lingo Academy, Muslim Tolhah S,Sos berharap, hasil dari kursus ini tepat sasaran sesuai yang di hajatkan pihak desa Bunut Baok. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan kursus ini tidak hanya di programkan tahun 2021, akan tetapi nantinya akan bisa berkesinambungan pada tahun berikutnya. Tandasnya (AP)