PA Kemenag Loteng, Gencar Lakukan Dakwah Selama Ramadhan

Padlin Penyuluh Agama Islam Kecamatan Praya Barat Daya Loteng

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Penyuluh Agama (PA) Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah (Loteng), gencar memanfaatkan bulan yang penuh keberkahan ini dengan melaksanakan misi dakwah di tengah masyarakat.

Setelah beberapa hari lalu, dakwah yang sama dilakukan di lapas kelas II Praya Loteng. Hal yang sama kembali dilakukan di Kecamatan Praya Barat Daya Loteng.

Ustaz Fadlin penyuluh agama Islam untuk wilayah Kecamatan Praya Barat Daya Loteng mengatakan, sebagai penyuluh agama Islam dibawah binaan kemenag Loteng, pihaknya bersama seluruh anggota Penyuluh, telah sepakat memanfaatkan bulan ramadhan ini untuk melaksanakan misi dakwah, ditengah masyarakat.

"Misi dakwah yang sudah kita canangkan bersama anggota penyuluh agama Islam, juga bekerjasama dengan KUA dimasing-masing Kecamatan dan Pemerintah Kecamatan Praya Barat Daya," Katanya, Ahad (19/04).

Dalam misi dakwah ini lanjutnya, dilatarbelakangi dengan tugasnya sebagai penyuluh agama. Sebab tugas pokok lahirnya penyuluh agama Islam ini, ditugaskan untuk berdakwah.

Menyampaikan hukum hukum agama sesuai dengan kaidah Al Qur'an dan hadis, termasuk diwajibkan memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang cinta kepada negara. Sebab dalam agama juga dianjurkan mencintai negara, bagian dari iman.

"Yang jelas dalam melaksanakan misi dakwah, bukan hanya tentang agama kita sampaikan namun memupuk kecintaan masyarakat terhadap negara," terangnya.

Dikatakan, selain melaksanakan misi dakwah, disetiap lokasi dakwah juga para penyuluh agama Islam, memberikan santunan kepada anak yatim dan orang orang jompo.

Itu sebagai salah satu upaya, membantu meringankan beban mereka, lebihnya lagi di bulan Ramadhan ini, sekali melakukan kebaikan, sama artinya dengan melakukan kebaikan seribu kali.

 "Yang jelas, bulan Ramdhan ini benar benar kita manfaatkan untuk melaksanakan kebaikan," ujarnya.

Dengan adanya program ini, pihaknya atas nama penyuluh berharap, ini bisa mendatangkan dampak positif dan memberikan contoh yang baik kepada generasi generasi yang akan datang.

Dan hal semacam ini juga, perlu dikembangkan di daerah lain agar menjadi motivasi bagi masyarakat guna mendorong masyarakat melaksanakan ibadah secara khusus di bulan ramadhan.

Selain itu, program ini juga sebagai salah satu langkah menyebarkan program kemenag Loteng, dalam melaksanakan syi'ar agama selama bulan Ramadhan.tutupnya  (AP)