Timur Tengah, Mulai Lirik Hasil Kerajinan Ketak Loteng

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lombok Tengah Ihsan

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Tahun 2021 Negara Timur Tengah sudah  mulai melirik hasil kerajinan rotan karya masyarakat Lombok Tengah (Loteng).

Kepala dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Loteng Ihsan di ruang kerjanya menjelaskan, terhitung awal tahun 2021, pemerintah Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir Yaman dan sejumlah Negara Timur Tengah lainnya, tengah tertarik dengan hasil kerajinan ketak Loteng.

"Selama 4 bulan berjalan, kurang lebih  60 ribu paket anyaman ketak hasil karya Loteng, sudah dikirim ke Timur Tengah," katanya di ruang kerjanya kemarin.

Tingginya permintaan negara Timur Tengah tersebut tentunya membawa angin segar bagi pegrajin ketak Loteng. Sebab belum saja enam bulan tahun 2021, permintaannya sudah tembus diatas angka normal diatas rata rata.

"Hanya 4 bulan, kita sudah kirim 60 ribu paket, bagaimana kalau setahun. Dan ini tentunya harus disyukuri dan peluang ini dimanfaatkan oleh para pegrajin ketak di Loteng," harapnya.

Dikatakan, ketika pihaknya menanyakan ke sejumlah penyuplai besar, kenapa bisa negara Timur Tengah tertarik dengan hasil ketak Loteng.

Ternyata orang timur tengah sangat terpesona dengan sesuatu yang unik unik dan hasil ketak Loteng, termasuk unik dan antik. Sebut saja seperti tas, topi, asbak, pot, jam dinding dan yang lainnya. Papar Ihsan.

Selanjutnya, untuk mengakomodir Hal tersebut, pihaknya telah meminta ke sejumlah penyuplai dan kelompok pengeajin ketak, untuk membuat suatu wadah atau koperasi. Sehingga nantinya hasil ketak buatan Loteng, terakomodir dalam satu wadah dan bisa dipasarkan secara masiv  sesuai dengan harapan kita semua.pungkasnya  (AP)