UIN Mataram Baru Kantongi Tiga Nama Pendaftar Calon Rektor

  

Panitia penjaringan rektor UIN Mataram menerima Berkas salah satu calon rektor

Mataram (Postkotantb.com) - UIN Mataram telah membuka pendaftaran bakal calon rektor periode tahun 2021-2025 , panitia penjaringan rektor Univesitas Islam Negeri  (UIN) Mataram baru mengantongi tiga nama bakal calon sejak 6 April 2021 lalu.

"kita masih buka pendaftaran sampai tanggal 19 April 2021 nanti," jelas ketua panitia penjaringan Winengan, di Jempong, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat  (NTB), Jumat (16/4/2021).

Disebutkan, tiga nama bakal calon rektir UIN Mataram itu yakni, Prof Dr H Masnun, M.Ag, Prof Dr H Mutawali M.Ag, Prof Dr Adi Fadli M.Pd, ketiganya telah menyerahkan berkas persyaratan bakal calon kepada panitia.

"sementara ini kami hanya menerima pendaftaran saja, proses selanjutnya perifikasi berkas," jelasnya.

Perifikasi berkas akan dilaksanakan setelah tahap pendaftaran selesai, antara tanggal 20 April hingga tanggal 23 April, sementara hasil perifikasi akan diumumkan pada 26 April 2021.

"setelah semua beres berkas hasil perifikasi akan kami serahkan kepada rektor tanggal 27 April 2021 nanti," ungkap Winengan.

Winengan menjelaskan, calon rektor UIN Mataram boleh berasal dari luar UIN, yang penting orang itu memenuhi syarat menjadi rektor UIN Mataram yang telah ditentukan.

Adapun syarat yang harus dipenuhi bakal calon, pertama persyaratan khusu, meliputi calon rektor merupakan lulusan program Doktor ( S3 ) dan memiliki jabatan fungsional profesor.

Berikutnya persyaratan Umum, persayaratan umum ini meliputi, calon rektor wajib berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berusia paling tinggi 60 tahun pada saat berakhirnya masa jabatan Rektor yang sedang menjabat, memiliki pengalaman manajerial pada perguruan tinggi paling rendah sebagai ketua jurusan atau sebutan yang lainnya dan menjabat paling singkat 2 (dua) tahun, menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang/berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, tidak sedang dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap, mencalonkan diri menjadi Rektor secara tertulis, menyerahkan pernyataan tertulis meliputi visi dan misi kepemimpinan dan program peningkatan mutu UIN Mataram.

Selain persyaratan Khusus dan Umum ada juga persayaratan tambahan, menyangkut adminiatrasi seperti berkas pendaftaran, surat pernyataan dan lain lain, Info lebih jelasnya silahkan kunjungi website ini Panjarek.uinmataram.ac.id

"jika salaha satu dari persayaratan itu belum terpenuhi maka bakal calaon tersebut dinyatakan tidak lolos perifikasi," tambahnya.

Dikatakan, penentuan rektor UIN Matatam periode 2021-2025 ini melalui tiga tahapan, tahapan pertama penjaringan, tahap kedua pertimbangan kualitatif oleh senat UIN Mataram, ketiga tahap seleksi oleh tim 7 yang dibentuk menteri, terkahir penetapan dan pengesahan oleh menteri agama.

"penentuan rektor periode sekarang ini berbeda dengan priode sebelumnya, kalau dulu pemilihan rektor kalau sekarang pengangkatan rektor, dalam artian bakal calaon ditentukan oleh menteri berdasarkan hasil seleksi tim 7, kami panitia hanya sebagai pelaksana pada tahapan penjaringan dan penyiapan berkas saja," pungkasnya.