Evaluasi Hasil Diklat Guru, P4TK Cianjur Lirik Potensi SMKN 1 Alas

EVALUASI:  Tim P4TK Cianjur didampingi Kepala SMKN 1 Alas tengah Berbincang hangat tentang pengembangan potensi sekolah
Sumbawa (postkotantb.com)- Menindak lanjuti hasil Diklat yang dilakukan oleh guru SMKN I Alas Tahun 2019 - 2020, Tim Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) dari Cianjur melaksanakan evaluasi, sekaligus melihat perkembangan penerapan terhadap siswa.

"Kami dari P4TK Cianjur sengaja datang ke SMKN I Alas, untuk mengevaluasi hasil dari Diklat yang sudah dilakukan oleh guru SMKN I Alas dan melihat sejauh mana perkembangan yang diterapkan kepada para siswa," tutur  perwakilan tim P4TK, Hambali di sela-sela kegiatan evaluasi, Kamis Kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, tim ini juga meninjau dan memetakan potensi sekolah melalui dua program unggulan. Yakni bidang Maritim dan Budidaya ikan Air Tawar. Dengan tujuan, pihak sekolah dapat membangun dan mengembangkan wisata edukasi.

"Saya sudah banyak bincang sama kepala sekolah menurutnya ada banyak potensi yang ada di SMKN I Alas. Yang kami tangkap dari perbincangan dengan kepala sekolah adalah tentang apa saja yang menjadi program unggulannya," bebernya.

"Intinya tujuan kedatangan kami ke SMKN I Alas ini, ingin mengembangkan keahlian yang ada di sekolah ini, dan ingin mengevaluasi hasil paska Diklat," sambungnya.

Lanjut dia, jika potensi sekolah bisa dikembangkan, ke depan pihaknya akan berupaya mengajukan permintaan ke Direktorat Pokasi agar dalam proses pengembangan potensi sekolah dapat dibantu dengan dana.

"Catatan hasil dari kegiatan yang kami lakukan ini akan kami laporkan bahwa di SMKN I Alas sangat berpotensi, dengan di dukung sumberdaya manusianya dan katagori siswanya sudah mencapai 1000 siswa. Kemungkinan besar SMKN 1 Alas nantinya bisa menjadi sekolah percontohan," kata Hambali Optimis.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Alas, Basrun Sahnan, ST, MPd, berharap, kerjasama pihak sekolah dengan P4TK tetap terjalin harmonis. Diakui dia, peran P4TK selaras dengan Kors SMKN 1 Alas. Sehingga dapat meningkatkan kapabilitas dan muttu guru di sekolah tersebut.

"Kami berharap kepada peran teman teman di PPPPTK Cianjur agar kerja sama ini tetap berjalan dengan baik," imbuhnya.

Adapun Sekolah yang Ikut Diklat peningkatan kompetensi kerja dan sertifikasi keahlian (PKKSK) P4TK Cianjur, dari tgl 28 bulan 8 s/d tgl 19 bulan 11 tahun 2019 lalu. Yakni,
Utusan SMKN 1 Alas, Viktor Abdullah, S.Pi., M. Si dan 2 alumni Diklat PPPPTK Cianjur, Junaidi. S.Pi dan Indra Alamsyah.
Selain SMKN I Alas ada juga utusan SMKN 1 lopok, SMKN I Lenangguar, SMKNI Plampang, dan SMKN 1 Lunyuk. (LALU)