Gerhana Bulan di Hari Raya Waisak, Warga Diharap Tenang

Gerhana Bulan
Mataram (postkotantb.com) - Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak, Rabu (26/5), diperkirakan akan terjadi gerhana bulan malam ini. Sejumlah bangunan di pesisir Pantai Loang Balok mengalami kerusakan akibat dari pasangnya air laut.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mataram Ardhianto Septhiadi S.Si mengatakan, gerhana bulan terjadi pada saat bulan purnama dan pada saat itu, air laut akan mengalami pasang.

"Gerhana bulan terjadi pada saat bulan purnama, dan pada saat bulan purnama terjadi pasang, sehingga memang ketika gerhana bulan pasti terjadi air pasang," terang Ardianto kepada media.

Bulan akan mengalami perubahan kurang lebih 15 derajat tiap harinya.Dan perubahannya akan maksimal saat fase purnama. Jadi masyarakat bisa mengamati fase awal gerhana bulan pada pukul 19.09 Wita hingga akhir puncak pada 19.22 Wita.

"Maksimalnya pas fase purnama, bulan mengalami perubahan kurang lebih 15 derajat tiap harinya," jelasnya.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, disarankan untuk menghindari aktifitas semua pesisir pantai. Dan selalu update informasi dari sumber yang dipercaya. (SFM)