IAIH Lotim, Berpeluang dan Memenuhi Syarat Berubah Nama Menjadi Universitas .


 Loteng (Postkotantb.com)- Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Nahdlatul Wathan (NW) Lombok Timur (Lotim), yang beralamatkan di Pondok Pesantren (Ponpes), Syaikh Zaenuddin Anjani Kecamatan Suralaga Lotim, berpeluang beralih nama jadi Universitas.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. di Bandara Internasional Zaenuddin Abdul Madjid Lombok, Sabtu (29/05).

Dasar dan alasan pihaknya mengatakan demikian, karena dilihat dari potensi tersebut, perguruan tinggi yang berada di lingkup ponpes tersebut,  memiliki banyak calon Mahasiswa. Mengingat di ponpes tersebut menaungi banyak lembaga pendidikan, sehingga sangat memungkinkan bisa jadi universitas dan keberadaan mahasiswanya jelas.

Selain itu, sarana dan prasarana pendukung, termasuk lahan untuk  pengembangan sudah lengkap, tinggal memenuhi beberapa persyaratan lainnya. "Kemarin saya sempat ke kampus IAIH Lotim, dan insyaallah potensi itu ada untuk bisa naik kelas menjadi universitas," ungkapnya.

"Dan kami sudah minta untuk jurusan atau prodi dikembangkan," imbuhnya.

Dikatakan, kelebihan menjadi universitas tentunya berimbas kepada semakin banyaknya Mahasiswa, disebabkan prodinya bertambah, termasuk jangkauannya semakin luas.

Ditanya ketika sudah bernama universitas, apa saja yang bisa diperoleh dari pemerintah. Stafsus Menteri Agama ini mennjelaskan, universitas swasta jelas sumbernya dari masyarakat selanjutnya pemerintah tinggal  memberikan pengakuan, serta mempersiap SDM para dosen  sebagai tenaga pengajar dan perangkat lainnya sebagai pendukung berlangsungnya proses perkuliahan.Tandasnya (AP)