Sarana Penunjang Rampung, Gedung Baru langsung Di Fungsikan

TAMPAK DARI DEPAN; Gedung baru Puskesmas Keruak di Dusun Montong Renggi, Desa Montong Belae, Kecamatan Keruak Lombok Timur

Lombok Timur (poskotantb.com)- Gedung baru Puskesmas Keruak di Dusun Montong Renggi, Desa Montong Belae, Kecamatan Keruak Lombok Timur (Lotim) sampai saat ini masih belum ditempati. Meski pembangunan gedung sudah dipastikan sepenuhnya rampung.

"Masih dalam proses penyiapan sarana pembuatan sumur bor. Sekarang kalau kami fungsikan, tetapi tidak ada air bersih kan susah," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim Dr. Pathurrahman pada Postkontb.com di ruangannya, Selasa (4/5).

Kadikes Lotim Dr. Fathurrahman

Walaupun ketersediaan air telah memadai, lanjutnya, gedung baru tersebut belum sepenuhnya akan difungsikan karena sarana penunjang seperti IPAL dan lainnya belum seratus persen.

"Ada rancangan mungkin di gedung baru untuk rawat jalan dan di Puskesmas lama untuk rawat inap," jelas mantan Kepala Dinas Perdagangan Lotim tersebut.

Senada disampaikan Kepala Tata Usaha (KTU) Puskesmas Keruak Lalu Sakirman. Pemanfaatan gedung Puskesmas baru tersebut bukan sepenuhnya keputusan pihak Puskesmas. Saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan dari Dikes karena Dikeslah yang mengatur semua sarana dan prasarananya.

"Kita tunggu saja keputusan Dikes. Kapan bisa difungsikan kan mereka yang memutuskan," kata Lalu Sakirman.

KTU Puskesmas Keruak Lalu Sakirman

Ia juga memprediksi pemanfaatan gedung Puskesmas baru tersebut akan bisa terealisasi sekitar bulan September. "Insya Allah September mungkin bisa kami tempati," pungkasnya.

Sebagai tambahan, pemindahan Puskesmas Keruak ke lokasi lain berkaitan dengan akan dibangunnya rumah sakit baru di Puskesmas Keruak sekarang. Pembangunan rumah sakit baru tersebut untuk menunjang kesehatan masyarakat Kabupaten Lotim bagian selatan.  (Iwan)