Wong Jakarta Datang Berguru Cara Pencucian Sarang Walet

SARANG WALET: Lalu Buntaran tengah memperlihatkan sarang walet kepada rombongan Ibu Kota Jakarta

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Sebuah bus yang mengangkut rombongan penumpang dari Jakarta mendatangi Kampung Walet, Desa Kateng, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah pada Rabu (26/5).

Kedatangan para tamu dari Ibu Kota tersebut bertujuan untuk belajar tata cara mengolah atau memproses sarang burung walet agar siap dikonsumsi.

''Kedatangan rombongan tamu dari Jakarta kemarin bertujuan untuk belajar bagaimana cara mengelola walet hingga proses pencucian sarangnya,'' kata Lalu Buntaran selaku pemilik usaha Ading Walet saat dikonfirmasi.

Selain datang belajar cara mengolah dan mencuci sarang burung walet agar siap saji, rombongan tamu tersebut juga datang untuk belajar cara membudidayakan burung walet sampai dengan proses pengeringan.

''Malah rombongan tamu yang datang kemarin memborong semua sarang walet yang sudah siap dikonsumsi untuk oleh-oleh,'' tutur Kades Ketara itu.

Tak hanya didatangi tamu lokal, Kampung Walet di Desa Kateng tersebut juga kerap dikunjungi oleh tamu dari luar daerah. Bahkan, sejumlah pejabat tingkat daerah/kabupaten, provinsi, dan beberapa waktu lalu sempat juga dikunjungi oleh ajudan Kementerian Pertanian.

Sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang berkunjung ke Kampung Walet, akunya, wajib disuguhi bubur dan minuman sarang burung walet. Karena selain menyehatkan, produk olahan sarang burung walet juga memiliki rasa yang nikmat.

''Siapapun itu, jika sudah datang ke Kampung Walet, wajib kami suguhkan minuman dan bubur sarang walet, khas Ading Walet,'' terangnya.(AP)