DKP NTB Gandeng TNI Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan


Sumbawa Barat (postkotantb.com)- Ganasnya penularan wabah  penyebar maut  yang disebut Corona Virust (Covid-19), berpengaruh besar pada semua sendi kehidupan umat manusia.

Akibatnya yang ditimbulkan pun mencengangkan. Terbatasnya aktifitas kerja, lumpuhnya sektor ekonomi, berujung menipisnya ketersedian pasokan bahan pangan yang menjadi kebutuhan utama dari manusia itu sendiri.

H. Fathul Gani, M.Si Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) provinsi NTB mengungkapkan, hingga kini belum ada yang tahu kapan Covid_19 akan usai atau hilang.

Selain menjaga protokol kesehatan, hal yang sangat perlu dipastikan yakni ketersediaan dan ketercukupan pasokan bahan pangan yang dibutuhkan oleh semua masyarakat NTB.

"Jika wabah Covid-19 masih terus berlangsung tanpa kepastian batas waktu berakhir. Maka alarm datangnya bahaya kelaparan akibat menipisnya suplai bahan pangan bisa saja terjadi", katanya saat memberikan sambutan pada acara Kemandirian dan Ketahanan Pangan bersama Kodam IX Udayana di Talona KSB, Jumat (26/05/2021).

Untuk menjaga jangan sampai hal itu terjadi. kita semua harus punya kesiapan sejak dini. Yakni  memastikan kalau masyarakat NTB bisa mandiri atas bahan pangan itu sendiri.

Cara mudahnya, yakni memanfaatkan secara baik pekarangan atau lahan kosong sekitar tempat tinggal untuk ditanami sayur, dan aneka bahan pangan lainnya.

"Selain menciptakan ketahanan dan kemandirian pangan. Hal itupun meringankan beban para ibu atas biaya dapur yang kerap dikeluhkan", papar Kadis DKP NTB dihadapan Dandim, Korem 162 Wirabakti dan jajarannya. (RIN)