Tiga WNA di Gili Trawangan Memilih Vaksin Sinovac

Salah satu peserta vaksinasi Goes to Green Zone, yang diselenggarakan di Villa Ombak, Gili Trawangan, Kamis (12/8)
 

Lombok Utara (postkotantb.com)-Tidak hanya warga lokal. Warga Negara Asing (WNA) turut menjadi peserta kegiatan Vaksinasi massal yang diadakan Polres Lombok Utara (Lotara) di destinasi wisata Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Pemenang, Lotara, Kamis (12/8).

Namun, beberapa peserta WNA lebih memilih vaksin merek Sinovac dibanding AstraZeneca (AZ).Diantaranya Jesicca. Wanita ini memilih Sinovac, karena dirinya tengah hamil 4 bulan. Begitu pula rekannya yang kini tengah dalam masa menyusui.

Sedangkan WNA Jerman, Sopia, mengaku, vaksin sinovac hanya memberikan efek deman. Itu pun hanya dirasakan beberapa saat saja. "Ini juga tahap kedua saya mengikuti vaksinasi," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSU Provinsi NTB, Dr. Lalu Herman Mahaputra mengaku, memang ada beberapa peserta WNA dengan kondisi tertentu memilih vaksin Sinovac. Kendati demikian, para WNA itu, khususnya di kawasan Gili Trawangan dominan meminta Vaksin merek AZ.

"Nanti kita lihat, apakah WNA yang hamil dan menyusui kita berikan Sinovac atau tidak. Dan juga saya lihat jumlah WNA tidak begitu banyak. Karena 1 vial bisa untuk 10 peserta," ungkap Dokter Jack, Sapaan akrabnya, di tengah kegiatan Vaksinasi massal.

Dokter Jack, menilai, sejauh ini, masyarakat lokal lebih Vaksin sinovac. Sedangkan WNA memilih vaksin AZ atau Moderna. "Sebenarnya semua vaksin itu sama. Cuman kalau Sinovac dampaknya minim. Sedangkan AZ dan Moderna, menimbulkan reaksi demam. Akan tetapi itu hal yang biasa, semua merek vaksin memberikan reaksi demam," jelasnya.(RIN)