Bupati Lombok Utara Resmikan Jalur Pendakian Rinjani


Lombok Utara (Postkotantb.com) - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH meresmikan Jalur Pendakian Rinjani di pintu masuk Senanga Dusun Pegadungan Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan, Minggu (19/9).

Turut andil mendampingi bupati, Wakil Ketua II DPRD KLU Mariadi S.Ag, Kasi Wilayah I TNGR Teguh Rianto  S.Hut MP, Perwakilan UNDP, Plt. Kadis Parawisata KLU Drs. Ainal Yakin, Plt. Kadis Dikbudpora KLU Adnan M.Pd, Camat Bayan Denda Peniwarni, SE, Kades Sambik Elen Muhammad Katur dan undangan lainnya.

Jalur pendakian Rinjani di pintu masuk Senanga berjarak tempuh sekitar 6 jam dari jalan raya. Jalur ini memiliki kelebihan dari jalur lain yaitu banyak titik sumber air bagi para pendaki.

Sebelum acara peresmian diawali dengan pengukuhan Pokdarwis Kanca Pesona Desa Sambik Elen oleh kepala Desa disaksikan Bupati Lombok Utara.

Pada kesempatan itu, Bupati Djohan Sjamsu menyampaikan bahwa jalur pendakian Senanga yang ada di Desa Sambik Elen cukup bagus dan dekat. Kedepannya  tinggal dibangunkan infrastruktur terutama jalan serta fasiltas umum lainnya.

"Bayan ini daerah paling luas di KLU dengan jalur jalan paling banyak, salah satunya Desa Sambik Elen berbatasan langsung dengan Lombok Timur," ungkapnya.

Potensi yang dimiliki masyarakat Bayan cukup banyak. Di bawah ada suguhan tanaman komoditi berkualitas seperti pohon mente, kopi, kakau, hingga porang. 

Dikatakan bupati, salah satu efek Covid-19 yaitu menurun ekonomi yang berdampak pada menurunnya pendapatan daerah. Hal itu akibat tidak adanya kunjungan wisatawan ke Lombok Utara. Oleh karena itu, ke depan perhatian pemerintah fokus pada sektor pertanian dalam arti luas untuk mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Manfaatkan sumber daya alam sekeliling kita,  terutama pertanian. Insya allah masyarakat tidak ada yang lapar dan pertanian ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan keluarga kita ke depan," tutur bupati. 

Terkait pembentukan pokdarwis setempat, ke depan diharapkan dengan kreasi para peselancarnya mampu mendokrak wisatawan datang ke Lombok Utara.

"Mari kita bangun Lombok Utara bersama-sama dengan kompak bersatu, banyak persoalan daerah ini yang membutuhkan sinergi antara pemerintah dengan masyarakat," pungkasnya.

Dalam pada itu, Kepala Desa Sambik Elen Muhammad Katur melaporkan dibukanya jalur pendakian Rinjani lewat pintu Senanga dihajatkan mampu menarik wisatawan yang datang, baik ke tempat-tempat wisata yang ada di wilayah desa maupun wisatawan yang mendaki ke Gunung Rinjani.

"Ke depan kita harapkan Pemerintah Daerah membangun infrastruktur terutama jalan, mengingat akses ke lokasi ini sangat jauh dan terjal," ketusnya.

Terhadap geliat masyarakat Sambik Elen dalam bidang pertanian khususnya porang, diceritakannya, bahkan satu kelompok petani  memiliki sekitar 164 ribu pohon. Selain itu, geliat para UMKM dalam menghasilkan produk selain kopi dan kancang mente juga masker dan lainnya yang begitu menggeliat. Hal itu membutuhkan kehadiran pemerintah dalam pemasarannya.

Acara peresmian pembukaan jalur pendakian Rinjani di tandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Lombok Utara. (YN)