Semarak ToT, Kwarda NTB Berkemah di Jakamandala

Ketua Kwarda NTB, Drs. H. Fathul Gani, M. Si.

POSTKOTANTB, Mataram- Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka NTB melaksanakan Giat Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Bumi Perkemahan Jakamandala, Mataram. Kegiatan tersebut merupakan dukungan guna menyemarakkan  Training of Trainers (ToT) Puslitda Kwarda NTB yang digelar sejak tanggal 17 hingga 19 September 2021.

Kegiatan TOT, diselenggarakan atas amanat Jukran No.048 th  2018  tentang sistem pendidikan pelatihan dan Materi kegiatan. Antara lain Growth Main set, andragogi, Best Practise, Pendidikan Abad 21, pembelajaran digital,  metode kepramukaan dan lain-lain.

Dalam kegiatan tersebut di ampu oleh Nara sumber dari Pusdikltada Kwarda NTB  antaran lain Kak Drs.H.L Agus Fathurrahman, Kak Sutikno, Kak Aminullah dan Pelatih lainnya. Turut hadir beberapa andalan  serta waka binawasa, waka abdimasgana, kapusdiklatda, kapuslitbangda dan jajaran humas Kwarda NTB.

Ketua Kwarda NTB, Drs. H. Fathul Gani, M. Si, berharap, dengan diselenggarakan kegiatan ini, para peserta TOT dapat semakin bersemangat dalam mengikuti berbagai materi yang diberikan. Selain itu kegiatan Persami kali ini juga tetap diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang tertib.

"alhamdulillah kegiatan persami ini bisa terlaksana dengan prokes yang baik. Semoga dengan kegiatan ini para peserta ToT makin bersemangat" ujar Kak Fathul sapaan akrabnya.

Menurut Kak Fathul, TOT ini sangat penting dilakukan. Khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas para pelatih, sehingga terbentuk tim pelatih Puslitda NTB yang tangguh dan mantap.

Pramuka Garuda sendiri merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. "Selain untuk upgrading capacity, kegiatan Ini juga kami hajatkan dalam rangka percepatan peningkatan jumlah Pramuka Garuda di masing masing Kwartir Cabang" jelasnya.(RIN)