Dana Desa NTB 2021 Tembus Rp. 1, 247 Trilliun, Begini Penjelasannya

Kepala Dinas PMPD dan Dukcapil NTB, Dr. Ashari SH., MH.

 POSTKOTANTB, Mataram- Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, tengah sibuk memikirkan langkah untuk percepatan peningkatan ekonomi masyarakat, di tengah pandemi. Salah satunya, dengan memanfaatkan dana desa yang diterima semua desa dan kelurahan di daerah tersebut.

Lantas, berapakah jumlah dana desa (DD) yang didapat seluruh desa di NTB?

Kepala Dinas PMPD dan Dukcapil NTB, Dr. Ashari SH. MH., memaparkan, per 2021 ini, jumlah desa se-NTB sebanyak 1.005 desa, sedangkan kelurahan sebanyak 145 kelurahan dan ada 117 kecamatan.

"Total dana desa yang kita dapat Rp 1,247 triliun. Sedangkan 2020, NTB memperoleh pagu awal DD sebesar Rp 1,23 triliun dan turun menjadi Rp 1,22 triliun akibat realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” paparnya, kemarin.

Kendati mengalami peningkatan, dia berharap, seluruh desa di NTB, bisa memanfaatkan dana yang diperoleh untuk kemaslahan masyarakat. Sehingga, dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di kala pandemi.

“Contohnya, ada program di desa itu harus diswakelola. Mau bikin rabat atau jalan, ya pakai tukang dari desa itu. Jangan pakai tukang dari luar. Kita ingin uang dari dana desa itu muter di situ,” harapnya.

Ada 8 Kabupaten yang menerima dana desa tahun ini. Antara lain; Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara.(RED)