Tengah Pandemi, Semeton Buleleng Siapkan 22 UKM Terbaik

KELILING BAZAR: Usai pelantikan, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah ditemani Pembina Pesemetonan Buleleng Lombok, I Gede Wenten dan para tokoh Hindu lainnya berkeliling bazar untuk melihat produk UKM warga Buleleng, Sabtu (25/9).

 POSTKOTANTB, Mataram- Usai resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) belum lama ini,  Pesemetonan Buleleng Lombok, menggelar pelantikan pengurus dan Bazar UKM di Pura Mutering Jagad, Kota Mataram, Sabtu (25/9). Para pengurus Paguyuban ini dilantik langsung oleh Gubernur NTB. Turut hadir, organisasi Kepemudaan Hindu, serta para tokoh umat Hindu dan keluarga besar masyarakat Buleleng Lombok.

Dalam sambutannya, Pembina Pesemetonan Buleleng Lombok, I Gede Wenten menuturkan, pada awalnya, organisasi ini dibentuk November 2019 silam yang berfungsi, mempersatukan warga Buleleng di Pulau Lombok, NTB. Sedangkan tujuan organisasi ini antara lain, membina hubungan kekerabatan (simakrama,red), berdasarkan asah asih asuh, sebagai bentuk kehidupan bersama yang merasa senasib sepenanggungan (Salunglung Sabayantaka,red). Kemudian meningkatkan kesejahteraan bersama melalui usaha ekonomi yang menguntungkan.

Dalam perjalanannya, lanjut dia, organisasi paguyuban ini tidak hanya sebagai pemersatu. Organisasi ini telah menuai kesuksesan, melalui Koperasi Serba Usaha (KSU) Buleleng Lombok Gemilang dan saat ini, koperasi tersebut telah memiliki 300 anggota. Bagi anggota yang sudah memiliki usaha pribadi, boleh menjalin kerja sama untuk kepentingan promosi. "Ini berkat dukungan bapak Gubernur NTB. Sehingga angan-angan saya membangun koperasi terwujud dan sukses," ungkapnya.

Kesuksesan ini pun merambat ke sektor  pemberdayaan UKM. Kini, pihaknya sudah menyiapkan 22 UKM terbaik. Tidak menutup kemungkinan, kedepannya, jumlah UKM akan meningkat. Gede Wenten berharap, Gubernur NTB sebagai top leader agar senantiasa dapat memberikan dukungan dan bimbingan terhadap para wirausaha mandiri tersebut.

"Sesuai program bapak Gubernur NTB, Bagaimana NTB Gemilang dapat memberikan spirit di tengah kondisi pandemi, dalam rangka membangun daerah melalui usaha mandiri. Untuk itu, Pesemetonan Buleleng khusus telah membuat UKM dan nanti Pak Gubernur bisa memberikan arahan sekaligus melihat sekaligus berbelanja produk UKM di bawah naungan organisasi kami," imbuhnya.

"Pada intinya, Buleleng selalu bersatu. Masyarakat Buleleng juga punya kebanggaan di Bali, karena dua kali orang  Buleleng mampu menjadi Gubernur. Mudahan Buleleng di Lombok bisa menyatukan diri dan saya berharap momentum ini bisa berkelanjutan demi membangun NTB. Bapak Gubernur NTB, mudah-mudah tetap dianugrahi kesehatan dalam mengemban tugas sebagai pemimpin," harapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, memberikan apresiasi atas semangat wirausaha warga Buleleng di Pulau Lombok. Dalam kesempatan tersebut, Dia berharap, Bazar yang diadakan di acara pelantikan dapat menjadi penyemangat, serta dapat menjembatani masyarakat Buleleng Lombok agar terus bersinergi bersama Pemerintah. "Kegiatan ini membawa makna yang bagus sehingga tali persaudaraan kita tetap berlanjut di masa yang akan datang," tutupnya.(RIN)