381 Peserta ASN Ikuti Pelatihan DTS

Wakil Gubernur NTB menyampaikan sambutan di depan ratusan peserta yang terdiri dari ASN lingkup Provinsi NTB, Senin (25/10).

 POSTKOTANTB, Mataram- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Pemprov NTB, menyelenggaraka Digital Talent Scholarship (DTS), dengan mengusung tema Government Transformatika Academy (GTA).

Kegiatan ini berlangsung di Aula BPSDM NTB, Senin (25/10), melibatkan 381 peserta yang terdiri dari Aparat Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov NTB. DTS  akan dilaksanakan selama 2 hari. Yakni dari tanggal 25 sampai 29 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengatakan, kegiatan DTS dengan skema Government Transformation, sebagai upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, dalam memanfaatkan perkembangan digitalisasi.

"Alhamdulillah program ini menjadi salah satu program yang sangat dibutuhkan,peningkatan SDM dan itu sangat penting dan Scholarships ini mencakup banyak bidang, sesuai dengan tupoksi masing - masing," tutur Rohmi.

Provinsi NTB memiliki banyak platform digital yang digunakan untuk pelaksanaan pembangunan, termasuk berkomunikasi dengan masyarakat. Salah satunya aplikasi NTB Care, yang dihajatkan agar masyarakat dapat berkomunikasi dengan pemerintah dan memberikan masukkan, serta  kritik yang membangun kepada pemerintah.

Aplikasi ini juga langsung terhubung kepada pihak-pihak yang bersangkutan yang siap menjawab masyarakat, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh masyarakat.

"Nah, ini menjadi sangat penting bagi kita agar aplikasi-aplikasi yang ada ini betul betul kita bisa manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ada juga aplikasi Lestari, SiAga dan sebagainya," jelasnya.

DTS merupakan rangkaian pelatihan intensif selama rata-rata 1 sampai 2 bulan yang dilaksanakan secara tatapmuka dan atau online, dengan hasil akhir sertifikasi kompetensi untuk menyiapkan sumberdaya manusia Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0. Pilot project program ini pertama kali dijalankan, pada tahun 2018 silam.

(DISKOMINFOTIKNTB/RIN)