45 Siswa MTsN 5 Loteng, Mantapkan Diri Jelang Asesmen

Lombok Tengah (postkotantb.com) - Sebanyak 45 siswa kelas VIII pada MTsN 5 Loteng yang beralamatkan di Desa Saba Kecamatan Janapria Lombok Tengah (Loteng), matangkan persiapan jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). 

Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 5 Loteng Rustam mengatakan, pelaksanaan Asesmen di MTsN 5 Loteng, ini merupakan kali pertama diikutinya setelah menjabat sebagai kamad di MTsN 5.

Untuk memantapkan jelang Asesmen tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan diri, mulai dari kelengkapan, kelancaran internet hingga kesiapan siswa. "Pusat telah menunjuk 45 siswa yang ikut dalam Asesmen tahun ini. Demi kelancarannya kami bersama stokckholder sudah mempersiapkan diri, termasuk sarana dan prasarana pendukung lainnya," paparnya, Sabtu (2/10).

Pelaksanaan Asesmen tersebut lanjutnya, akan dilaksanakan selama dua hari, mulai dari tanggal   6- 7 Oktober di madrasah langsung.  

Dikatakan, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen ini dilakukan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Selanjutnya Asesmen ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar. 

Dengan Asesmen ini, pihaknya berharap, kendati berada di pinggir kota atau jauh dari kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, sasaran dan capaian pendidikan, tidak jauh beda dengan madrasah yang ada di kota. 

"Insyaallah kami dipinggiran siap bersaing dengan madrasah di kota, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa lebih baik," tutupnya. (AP)