Bupati Djohan Terima KKN Tematik Mahasiswa STP Mataram

 

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Sebanyak 77 Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lombok Utara  diterima secara langsung oleh Bupati H. Djohan Sjamsu SH.Kegiatan penerimaan bertempat di Aula bupati (29/10). Hadir pula Ketua STP Dr. Halus Mandala MHum, Plt Kadis Parawisata KLU Drs.Ainal Yakin, Keordinator Kompak KLU, Camat Bayan Denda Peniwarni SE, Kepala Desa Malaka H. Akmaludin Ichwan MAP, Serta undangan lainnya.

Bupati Djohan menyampaikan menyambut baik hadirnya 77 mahasiswa STP Mataram yang melaksanakan KKN tematik di enam desa wisata yang ada di Lombok Utara, KKN tematik merupakan tindak lanjut kerjasama antara Pemda KLU dengan STP Mataram Tahun 2020 yang lalu.

"Harapan saya pada mahasiswa sebagai agen pembaharuan niscaya mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan masyarakat yang ada di Lombok Utara," harapnya.

Peran mahasiswa sebagai pemberi informasi, motivator dan penghubung serta fasilitator tentu peran ini tidak mudah karena permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan beragam yang merupakan dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lombok Utara hampir semua memiliki tempat wisata unggulan dan menjadi daya tarik tersendiri dengan keindahan yang dimiliki.

"Semoga  anak-anak saya dari mahasiswa bisa melihat potensi yang dimiliki di lokasi KKN agar  bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan  selama 2 bulan ini dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan diri mahasiswa sendiri dan bagi desa tempat KKN" tuturnya.

Mahasiswa harus mampu  melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik dengan lebih meningkatkan kepedulian dan empati atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat serta mendorong perubahan perilaku sebagai proses perubahan masyarakat untuk menjadi lebih baik.

"manfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar di tengah-tengah masyarakat bukan hanya belajar teori seperti yang dilakukan sekarang  tetapi belajar praktik dalam melihat dan memahami kondisi Masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Lombok Utara ini," tutupnya

Dalam pada itu Ketua STP Mataram Dr. Halus Mandala menyampaikan  KKN tematik khususnya untuk membangun desa wisata jadi pekerjaannya tidak hanya biasa-biasa saja tapi khususnya bagaimana membuat desa wisata itu yang awalnya dari rintisan upayakan untuk menjadi desa wisata  maju dan mandiri.

 "Sebanyak 77 mahasiswa yang melakukan KKN untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan tempat KKN masing-masing anggaplah  rumah sendiri dan bangunlah desa tempat KKN seperti membangun Dasa anda sendiri," ungkapnya.

Komitmen dalam  membantu desa wisata serta membangun tempat wisata dimana kegiatan ini atas kerjasama dengan Pemda serta Kompak yang memberikan dukungannya sehingga segala bentuk pelaksanaan kegiatan tidak ada hambatan yang berarti.

 "Kerjasamanya yang luar biasa ini patut kita teruskan dan  ditingkatkan agar terus  bersinergi lebih baik bisa membangun desa wisata dengan pola desa tematik kemudian dengan desa binaan," tuturya. (YN)