Gubernur NTB Dorong Santri BSM Tingkatkan Prestasi

KUNJUNGAN: Dalam kunjungannya, Gubernur NTB menyempatkan diri melihat kondisi santri di Ponpes BSM Mu'allimin Muhammadiyah Lobar, Minggu (17/10).

POSTKOTANTB, Mataram- Dalam Pengajian Umum yang digelar Pondok Pesantren (Ponpes) Boarding School Mu'allimin (BSM), di Desa Golong, Narmada, Lombok Barat (Lobar), Minggu (17/10), Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, mendorong para santri agar terus meningkatkan prestasi. Baik dikancah nasional, maupun Internasional.

"Kader Muhamaddiyah jangan hanya jalan di tataran daerah nusantara. Bagaimana kader muhamadiyah bisa menjelalajahi luar negeri. Sehingga bisa menjawab tantangan di masa depan. Tidak hanya di tataran nasional," ungkap pria akrab disapa Bang Zul ini.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengingatkan agar santri juga mengasah kemampuan diri, seiring dengan laju perkembangan zaman. Sehingga umat muslim tidak hanya menjadi penonton dalam setiap acara penting dunia. Tetapi bisa mengambil peran dan menjadi bagian didalamnya.

"Banyak orang tinggi sekolahnya tapi ilmu cari uangnya nol. Literasi Finansialnya nol. Ilmu cari uang ada seni dan ilmunya. Jangan sampai bagus bacaan Al-Qur’annya tapi tidak pandai cari uang. Seakan-akan belajar mencari uang itu tidak boleh,” kritiknya.

Pada kesempatan tersebut, Bang Zul mengajak semua ponpes terutama BSM Mu'allimin Muhammadiyah Lobar, bisa berpartisipasi dalam kegiatan International. Terlebih di NTB dalam dua tahun kedepan akan menjadi tuan rumah dari berbagai perhelatan bergengsi dunia.

Sementara itu, Dr. Zainuddin memberikan apresiasi atas kedatangan Gubernur NTB ke BSM Mu'allimin Muhammadiyah Lobar. Motivasi dan dorongan NTB 1 tersebut, menurutnya dapat menjadi pemantik semangat seluruh santri di ponpes ini agar dapat melanjutkan studinya ke luar negeri.

"Ini salah satu cita-cita yang kita inginkan dengan bapak Gubernur," ujarnya.

Diakui dia, kedatangan Gubernur NTB sekaligus menjadi keberkahan BSM Muhammadiyah Lobar. Karena dalam waktu dekat, izin operasional SMA di Ponpes ini akan diterbitkan Pemprov NTB. Hal tersebut sesuai dengan intruksik Gubernur NTB.

"Kita sudah mendengar bersama tadi instruksi pak Gubernur dan insha Allah pekan depan ini izin operasional akan segera diterbitkan," imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya menyambut baik informasi terkait program beasiswa luar negeri yang digagas Pemprov NTB. Sejalan dengan program gemilang tersebut, BSM Muhammadiyah Lobar telah mempersiapkan santrinya dengan bekal tehnik bahasa asing dan ilmu pengetahuan di tingkat SMA.

Saat ini, secara keseluruhan, Ponpes BSM Muhammadiyah Lobar, memiliki sebanyak 92 siswa, baik di tingkat SMP maupun SMA. "Alhamdulillah program Bapak Gubernur ini ibarat gayung bersambut. Kami sudah mempersiapkan, Jika ada yang ke Timur Tengah kami sudah siapkan santri dengan Bahasa Arab yang fasih dan kalau di Negara Malaysia, ada jurusan IPA di tingkat SMA-nya," tutupnya.(RIN)