HBK Bangun Fasilitas Internet Gratis di Pulau Lombok

H. Bambang Kristiono, SE, (HBK) bersama Rannya Agustyra Kristiono.

 POSTKOTANTB, Mataram- Anggota DPR RI, Dapil NTB 2/Pulau Lombok, H. Bambang Kristiono, SE, (HBK), tidak henti memberi kabar gembira untuk masyarakat.

Kali ini, HBK akan menyiapkan fasilitas internet gratis dengan total 50 sekolah, pondok pesantren (Ponpes) dan fasilitas umum (Fasum) di Pulau Lombok, juga tidak luput jadi sasaran internet gratis.

"Tahap pertama, akan dimulai di 25 sekolah, pondok pesantren, dan fasilitas umum,” kata HBK, Minggu (31/10).

Diakui politisi senayan ini, program internet gratis didasari rasa keprihatinan. Di mulai dari pengalamannya kala mampir untuk santap siang, di salah satu Hotel di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), usai pelaksanaan kegiatan resesnya belum lama ini.

"Banyak sekali anak-anak meriung di parkiran Hotel. Mereka sibuk dengan gawe nya masing-masing, seperti sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah yang harus dituntaskan secara daring segera. Saya bertanya Pada petugas pengaman Hotel, anak-anak itu sedang apa," ungkapnya.

"Dari penjelasan petugas keamanan, anak-anak itu adalah warga yang tinggal di pemukiman sekitar Hotel. Mereka datang untuk mengakses layanan internet Hotel dengan gawe mereka masing-masing," sambungnya.

Hari itu, lanjut dia, anak-anak tersebut sedang beruntung. Sebab kata sandi wifi Hotel yang diakses, belum diganti oleh manajemen Hotel. Sehingga terlihat kegirangan di raut wajah anak-anak sembari serius menuntaskan dan membereskan tugas-tugas, secara daring.

Kendati demikian, anak-anak itu acap dikecewakan. Sudah datang ke lokasi sekitaran Hotel, akses internet malah tidak bisa didapatkan. Karena pihak manajemen Hotel mengambil kebijakan mengubah kata sandi wifi. Peristiwa itu pun seringkali terjadi.
 
Batin politisi Partai Gerindra ini terenyuh. Rupanya, sebagian anak-anak di Pulau Lombok, akses internet masih menjadi sebuah kemewahan. Tarif layanan internet dari provider, tidak mampu dijangkau. Terlebih, jika mereka berasal dari keluarga-keluarga yang tidak mampu.

HBK seketika langsung menghubungi pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfotik) selaku mitra di Komisi I DPR RI. HBK menekankan pentingnya ada layanan akses internet gratis untuk anak-anak di Pulau Lombok.

HBK tidak ingin kegembiraan anak-anak di Pulau Lombok sirna. Kegembiraan itu harus tetap terpelihara. “Internet akan memperluas cakrawala berpikir anak-anak kita di Pulau Lombok, tetap terjaga,” cetus HBK.

Setelah berjuang dan meyakinkan pejabat-pejabat di Kemenkominfo, fasilitas internet gratis untuk masyarakat di Pulau Lombok mulai bisa direalisasikan tahun 2021, melalui program BHAKTI yang dimiliki kementerian tersebut. Fasilitas internet gratis ini akan ditempatkan di sejumlah sekolah swasta, ponpes dan fasum.

Melalui HBK PEDULI, Yayasan yang dimilikinya, HBK telah mendaftarkan 50 sekolah, ponpes dan fasum yang akan dibangunkan fasilitas tersebut. Sementara itu, Sekretaris HBK PEDULI, Rannya Agustyra Kristiono mengatakan, pembangunan fasilitas internet gratis ini akan dilakukan secara bertahap. Sebagiannya lagi akan dibangun awal tahun 2022 mendatang.
 
Dara yang kini masih menempuh studi di Brunel University, London, Inggris ini menyebut, di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), fasilitas internet gratis ini akan dibangun di enam titik. Kemudian di Kabupaten Lombok Utara (Lotara) ada delapan titik, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) 12 titik, Lobar sembilan titik dan di Kota Mataram empat titik.
 
“Menjadi rasa syukur kami di HBK PEDULI, bantuan inernet gratis ini bisa menghadirkan kemanfaatan yang besar dan luas bagi saudara-saudara kami di Pulau Lombok,” tutupnya.(RIN)