Terpilih Secara Aklamasi, Ridwan Hidayat Kembali Nahkodai PMI NTB

Drs. H. Ridwan Hidayat bersama para pengurus di wilayah kabupaten kota se NTB.

 POSTKOTANTB, Mataram- Setelah melalui proses Musyawarah Provinsi  Palang Merah Indonesia (Musprov PMI) NTB yang cukup alot, Drs. H. Ridwan Hidayat akhirnya kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PMI NTB, Masa Bakti 2021-2026.

Terpilihnya pria yang dikenal piawai dalam memimpin ini, ditandai dengan Surat Keputusan Musyawarah PMI NTB, dengan Nomor 04/MUSPROV/2021 tentang Penetapan Ketua Terpilih Pengurus Provinsi PMI NTB.

"Saya mengapresiasi dan berterimakasih. Karena peserta musprov tetap memegang prinsip demokrasi dengan saling menghormati dan saling menghargai, meskipun sangat padat sekali perbedaan antar satu sama lain," ujar Ridwan usai Musprov PMI NTB di Hotel Golden Palace, Kota Mataram, Minggu (31/10).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melaksanakan peremajaan (Revitalisasi, red) struktur organisasi di kepengurusan PMI NTB. Hal tersebut sebagai upaya dalam rangka memaksimalkan peran organisasi di tengah masyarakat.

Terlebih di masa pandemi ini, pengurus PMI pusat tengah disibukan dengan program percepatan vaksinasi dengan target 2 juta secara nasional, harus segera terpenuhi.

"Tentu dengan amanah yang diemban sebagai ketua, kami mengupayakan agar peran PMI dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat NTB, secara keseluruhan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Dr. Azhar As'ari mengatakan, soal beredarnya isu adanya pihak lain yang ingin bersaing mencalonkan diri sebagai Ketua PMI NTB, merupakan dinamika dalam berorganisasi.

Ditegaskan Azhar, Siapapun boleh mencalonkan diri asalkan dapat memenuhi syarat, baik kecakapan, integritas maupun akseksibilitas sebagai calon pemimpin.

"Terpilihnya Ridwan Hidayat berdasarkan dukungan suara melebihi 50 persen suara plus satu atau tujuh kabupaten ditambah satu suara dari Kabupaten Bima. Ini menjadi representasi sekaligus aspirasi seluruh pengurus di kabupaten kota se NTB yang menginginkan sosok H. Ridwan Hidayat," bebernya.

Senada disampaikan Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, H.M Muaj. Dia mengaku, pengurus PMI Pusat intens dalam rangka menilai figur dan kinerja masing-masing Ketua PMI di setiap provinsi. Sesuai hasil evaluasi, Ridwan Hidayat merupakan sosok pemimpin yang aktif dalam menjalankan organisasi di daerah.

"Yang terpenting, meskipun aktif di partai politik, Pak Ridwan tidak pernah membawa nuansa politik di tubuh PMI," sanjungnya.

Dia berharap ketua terpilih saat ini, segera mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi tantangan ke depan. Seperti pengembangan layanan unit donor darah (UDD), dan peningkatan antisipasi terhadap potensi bencana alam.

Khusus rekruitmen tenaga kerja, Muaj meminta ketua terpilih agar transparan serta memaksimalkan perbaikan struktur sekaligus manajemen SDM. Termasuk menjalin dan mengembangkan sebanyak-banyaknya hubungan kemitraan, baik pemerintah maupun swasta.

"Rektrut media masa dan tokoh agama di dalam tubuh PMI, supaya di back up seluruh kegiatan organisasi. Nanti kita juga akan libatkan pihak perguruan tinggi," jelasnya.(RIN)