Gelar Simulasi Latihan Kontijensi, TNI Polri Bersama Pemda dan Stekholder Terkait Siap Amankan IATC dan WSBK

Mataram (postkotantb.com) - Untuk mendukung kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan event Internasional Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021, TNI Polri bersama Instansi terkait menggelar simulasi latihan kontinjensi di Eks Bandara Selaparang kecamatan Rembiga kota Mataram, Rabu (10/11/2021).

Simulasi kontinjensi dihadiri Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, PJU Polda NTB, para Dandim dan Kapolres se-Pulau Lombok, Dirut Ops ITDC, serta undangan lainnya.

Adapun rangkaian latihan kontinjensi yang disimulasikan mulai penanganan aksi ugal-ugalan atau balapan liar oleh tim Polda NTB, selanjutnya pengamanan aksi unjuk rasa dan pengerusakan objek vital serta pengawalan dan pengamanan VVIP termasuk mengatasi pembajakan dan pembebasan sandera oleh tim TNI Polri.

Selain itu juga dilaksanakan simulasi penyelamatan dan evakuasi korban akibat bencana oleh tim TNI-POLRI, Basarnas, BPBD, Dinas Kesehatan, Damkar, Dishub dan Dinas Sosial serta instansi terkait lainnya. Seluruh rangkaian simulasi diakhiri dengan Press Release oleh bidang kehumasan Polda NTB, Korem 162/WB dan Pemda NTB.

Komandan Korem 162/WB usai gelaran simulasi kontinjensi mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bentuk kesiapan jajaran TNI Polri dan pemerintah daerah NTB serta instansi terkait lainnya untuk mewujudkan situasi yang aman kondusif saat event IATC dan WSBK berlangsung.

Menurut orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB itu, dengan penyelenggaraan latihan ini setiap personel maupun instansi diharapkan benar-benar sudah mengerti, memahami dan menguasai bidang tugas sesuai fungsi masing-masing.

Dengan demikian Ia yakin, jika terjadi kontinjensi maka setiap bagian dapat mengambil langkah-langkah atau tindakan secara tepat dan cepat, sehingga kontinjensi dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.

"Dengan berbagai persiapan yang sudah kami lakukan, maka kami juga meyakinkan kepada pemerintah dan seluruh dunia, bahwa NTB sudah siap menjadi tuan rumah berbagai event internasional, baik IATC dan Superbike 2021 ini maupun MotoGP 2022," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, memberikan apresiasi atas sinergitas TNI Polri dan Pemerintah Daerah di NTB yang telah menunjukkan kekompakan luar biasa dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya kegiatan yang dapat menggangu pelaksanaan IATC dan WSBK. 

"Saya mewakili pemerintah pusat, semoga upaya yang dilakukan ini bermanfaat menghadapi event IATC dan WSBK yang akan dilaksanakan di Mandalika," harapnya. 

Sementara itu, Kapolda NTB menyampaikan terimakasih kepada semua lini yang terlibat dalam kegiatan latihan pengamanan dan pengawalan menjelang kegiatan WSBK. Ia yakin pada puncaknya event besar di NTB ini nanti bisa terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama.

"3000 personel gabungan TNI POLRI juga sudah kita kerahkan di wilayah atau ring atau akses-akses terbuka untuk melaksanakan pengamanan," ungkapnya.(YN)