Hari Kedua di Lombok, Presiden RI Gelar Penanaman Ribuan Bibit Kayu Putih dan Buah-buahan

Lombok Tengah (Postkotantb) - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menggelar kegiatan penanaman pohon di kawasan gunung Pepe dusun Rembitan desa Sade kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (13/11).

Sekitar 3000 bibit pohon yang di tanami oleh Presiden RI bersama beberapa Menteri yang mendampinginya dan Forkopimda NTB serta masyarakat setempat terdiri dari kayu putih, kelengkeng, jambu kristal, jeruk manis, alpukat dan kemiri. 

Setelah itu, Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh masyarakat untuk memelihara dan menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam ini agar nantinya dapat tumbuh dengan baik dan memberikan dampak ekonomi khusunya bagi seluruh masyarakat yang berada di sekitar kawasan gunung Pepe. 

Pohon-pohon ini nantinya juga tentu akan memberikan manfaat yang lebih luas. Selain untuk menjaga kelestarian alam, juga dapat mencegah terjadinya longsor dan banjir. 

"Saya minta ini betul-betul dipelihara, karena musimnya masih musim hujan sangat bagus untuk menanam. Dan pemeliharaan itu kalau masyarakat sendiri yang melakukan, akan lebih baik lagi," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan singkatnya.

Terpisah, Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menerangkan, penanaman sekitar 3000 bibit pohon di kawasan Gunung Pepe yang dilaksanakan pagi ini adalah sebagai percontohan yang nantinya akan diikuti oleh masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan untuk merehabilitasi gunung Pepe sebagai bagian dari upaya pemulihan lahan yang salah satu tujuannya adalah untuk menguatkan fungsi hutan sebagai pengatur tata air, khususnya agar fungsi menara air untuk wilayah sekitarnya terjaga dengan baik.

"Selain itu, penanaman ribuan bibit kayu putih dan buah-buahan ini juga untuk meningkatkan produktifitas masyarakat. Karena itu, masyarakat dilibatkan secara langsung dalam kegiatan ini," pungkas Ahmad Rizal.

Sementara itu, Kepala Dusun Rembitan sekaligus ketua kelompok tani dan PKSM Lombok Tengah, Ginanjar mengaku, masyarakat desa Kerambitan sangat antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo menanam pohon di kawasan Gunung Pepe.

"Insyaa Allah, pesan Bapak Jokowi untuk memelihara dan menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam ini akan kami laksanakan dengan baik," ucapnya.

Adapun yang mendampingi Presiden RI dan rombongan dalam kegiatan tersebut selain Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan Danrem 162/WB, juga ada Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, dan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal. (YN)