Pengurus DPD Asita NTB Masa Bhakti 2020-2025 Dilantik!

Usai Pelantikan, Jumat (5/11), Gubernur NTB bersama Ketua Umum dan Pengurus DPD Asita NTB serta tamu undangan lainnya berfoto bersama.

 Road to WSBK, Wujudkan Pariwisata Bangkit

POSTKOTANTB, Mataram- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiation of Indonesian Tours Travel Agency (ASITA) NTB, masa Bhakti 2020-2025, akhirnya dilantik dan dikukuhkan, setelah sempat diundur akibat kondisi Pandemi. Para pengurus asosiasi ini dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP Asita Indonesia di Hotel Grand Legi, Kota Mataram, Jumat (5/11).

Turut menyaksikan pelantikan, Gubernur NTB, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB diwakili sekretaris, Kepala Dispar Kota Mataram, Ketua PHRI NTB, segenap pengurus DPD Asita NTB, Ketua DPD Asita Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Banten, Maluku, Bali, NTT, DPC ASITA Sumbawa,  DPC Asita Sumbawa Barat serta DPC ASITA Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP Asita NTB, Dr. Nunung Rusmiati, mengatakan, Tugas utama Asita di NTB yakni, bagaimana meyakinkan pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten Kota agar keberadaannya, benar-benar diandalkan. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berkomitmen akan terus mendorong pemerintah daerah untuk menciptakan konektivitas Bali - NTB - NTT.

"Keberadaan ASITA ini adalah bagaimana mengajak para wisatawan asing untuk dapat mengunjungi indonesia. Untuk itu diharapkan dukungan pemerintah untuk dapat mewujudkan hal ini," ujarnya.

Ketua Umum ini Juga Menyampaikan Apresiasinya atas kehadiran Ketua DPD Asita dari 8 Provinsi. Menurutnya, kehadiran mereka, sebagai bentuk dukungan agar ke depan, pengurus yang baru di lantik, bisa membawa ASITA di NTB semakin berkembang. "Melalui destinasi wisata yang ada di NTB, khususnya bagaimana desa wisata itu dapat mengeksplore potensi daerahnya. Sehingga dapat menarik para wisatawan untuk dapat mengunjungi daerah tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menilai, kehadiran Asita, Khususnya di NTB, memberikan sinyal baru untuk kebangkitan destinasi pariwisata dan segala potensi yang dimiliki Provinsi tersebut. "Mudah-mudahan dengan dikukuhkannya pengurus DPD ASITA NTB Periode 2020-2025 menjadi sinyal yang kuat bagi kebangkitan pariwisata di NTB," harapnya.

Lebih jauh, Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB, menjelaskan, untuk memajukan pariwisata di NTB perlu kekompakan, sinergi kerja sama yang baik antar pengurus daerah maupun nasional. Sehingga kontribusi ASITA dalam mengembangkan pariwisata akan benar-benar dirasakan oleh masyarakat secara luas.

"Kami atas nama pemerintah merasa bahagia atas pengukuhan pengurus  selamat menikmati waktunya di Lombok,"  ucapnya.

Ketua DPD Asita NTB, Dewantoro Umbu Joka, memaparkan, pihaknya kini mulai fokus terhadap tugas menggerakkan sektor perjalanan wisata di NTB ini, setelah sebelumnya terhenti akibat pemberlakuan PPKM oleh pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

"Sangat kami harapkan dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah dalam menunjang kembali sektor ini sehingga dapat berjalan seperti yang kita harapkan," tutupnya.(RIN)