Antisipasi DBD, Polsek Pratim Gandeng Dikes Lakukan Kerja Bakti

 


LOTENG, (postkotantb.com)- Musim kemarau biasanya diiringi dengan banyak macam penyakit, termasuk penyakit Demam Berdarah (DBD).

Mengantisipasi penyebaran penyakit mematikan tersebut, Kapolsek Praya Timur Lombok Tengah bergerak cepat, lakukan Kerja Bhakti berupa Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Kerja bhakti PSN tersebut, di pusatkan di Dusun Karang Galuh Desa Marong Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah, bersama Dinas Kesehatan Lombok Tengah.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk membersihkan lingkungan guna mencegah timbulnya penyakit di musim penghujan. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kepala Dikes Lombok Tengah Dr. Suardi, SKM, MPH, yang di dampingi oleh Kapolsek Pratim IPTU Sayum beserta anggota, Kepala Puskesmas Mujur dr. Wira Pranatta beserta staf, Kades Marong Lalu Santiaji beserta perangkat Desa dan Masyarakat setempat.

Kapolsek menjelaskan, bentuk kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan sampah dan rumput liar disekitar lokasi serta selokan atau aliran pembuangan limbah, pemeriksaan tempat penyimpanaan air atau pengecekan jentik nyamuk, serta menghimbau warga agar selalu menguras tempat penyimpanan air dan dilakukan Pemberian Abate pembunuh jentik nyamuk.

"Dalam pemeriksaan terhadap tempat penyimpanan air yang dilakukan oleh tim kesehatan Puskesmas Mujur tidak terdapat jentik nyamuk namun pihak Puskesmas berkoordinasi ke Dikes Lombok Tengah dan akan dilakukan Foging besok pada hari selasa tanggal 21 Desember 2021" Ungkap Sayum

"Kegiatan tersebut dilaksanakan terkait adanya warga setempat yang meninggal dunia akibat Demam Berdarah atas nama Nurahmah alias Gonde warga Dusun Karang Galuh yang meninggal pada hari Jumat tgl 17 Des 2021 Di RSUD Praya" sambung Sayum. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah Dr. Suardi, SKM, MPH mengatakan, apa yang dilakukan Polsek Praya Timur bersama Puskesmas Mujur harus ditiru oleh Puskesmas lain.

Sebab di musim penghujan ini biasanya banyak penyakit yang datang, sehingga tidak salah jika dilakukan sedia payung sebelum hujan. Artinya mengantisipasi terjadinya penyakit DBD atau sejenisnya, tempat tempat sarang nyamuk harus di kuras, seperti yang dilakukan pihak Polsek Praya Timur yang bekerjasama dengan Puskesmas Mujur. 

"Saya berharap semua puskesmas se-Loteng, memprogramkan kebersihan lingkungan atau kerja Bhakti, sedia payung sebelum hujan itu lebih penting daripada mengobati," katanya

Sementara itu Kepala Puskesmas Mujur I.G.N.B. Wira Parranatta menghimbau kepada masyarakat, khususnya di wilayah kerjanya, untuk menjaga kebersihan lingkungan, menguras bak bak air tempat berkembang biak jentik jentik nyamuk, menguras genangan air dan lainnya.

Sebab, genangan air biasanya paling sering tempat nyamuk singgah. "Mari kita mulai dari diri kita masing masing, jika ada yang Tergenang mohon untuk dikuras, jangan hanya menunggu ada perintah," pintanya. (AP)