Berantas Sarang Nyamuk; Polsek Pratim kumpulkan Kaleng Bekas dan Sampah

 

LOTENG, (postkotantb.com)- Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Praya Timur, berjibaku dengan kotoran sembari memburu tumpukan sampah dan kaleng bekas. 

Kali ini, aksi yang ditunjukkan aparat kepolisian Polsek Praya Timur, di bawah komando IPTU Sayum, bukan sebagai pemulung jalanan, namun petugas yang peduli lingkungan yang bersih, guna mencegah gejala demam berdarah.

"Lingkungan yang kumuh, paling disukai jentik jentik nyamuk, dan nyamuk ini biasanya bawa penyakit demam berdarah. Makanya hari ini, di Dusun Pengendong Desa Mujur Kecamatan Praya Timur, kami bersama anggota Polsek, petugas Puskesmas Mujur, pemerintah Kecamatan Praya Timur dan pemdes Mujur. Mengumpulkan Kaleng kaleng bekas dan sampah, setelah itu kita Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)," Tutur Kapolres Lombok Tengah AKBP Heri Indra Cahyono melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum, Jum'at (24/12).

Setelah sampah berbagai jenis dan kaleng yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya itu dikumpulkan dan dibakar. Selain itu pihaknya juga tak henti hentinya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, sebab saat ini penyakit sangat rentan terjadi dan penyakit sering kali datang dari lingkungan yang kurang bersih. Oleh karenanya, sambil memberikan contoh hidup sehat dan bersih, pihaknya juga sambil memberikan peringatan.

"Untuk program PSN ini, ini instruksi langsung dari bapak Kapolres Loteng, sebab di musim penghujan banyak penyakit yang mengiringinya, terutama demam berdarah dan nyamuk sendiri paling senang ditempat kotor, sehingga kami sudah lakukan kerjasama Dengan pihak kecamatan desa, dan puskesmas," terangnya.

Diakuinya, PSN juga sudah dilakukan sebelumnya yakni di desa Marong Kecamatan Praya Timur Loteng, dan ini akan terus dilakukan setiap hari secara terjadwal di seluruh wilayah Praya Timur.

"Insyaallah secara bergiliran dimasing-masing desa, kita akan lakukan PSN agar sarang jentik jentik nyamuk bersih," ungkapnya.

Dikatakan, selain aksi ini perintah atasan, memang sebelumnya niat bersama jajaran kecamatan Praya Timur sudah ada, sebab aksi ini adalah sebuah gebrakan secara langsung, yang bisa dicontohi masyarakat, sehingga diharapkan dengan sendirinya masyarakat sadar kalau kebersihan itu adalah awal hidup sehat dan sehat itu sangat bermanfaat. "Semoga Aksi yang kita lakukan, mampu diimplementasikan oleh masyarakat, dalam menjaga lingkungan yang sehat," tutupnya. (AP)