Curi Start, PBB Loteng Buka Gerbong Pendaftaran Balon Legislatif


DPC : Kejayaan PBB 2004 siap diukir Lagi Tahun 2024 mendatang.

LOTENG, (postkotantb.com) -  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) Lombok Tengah (Loteng) curi start me-launching pembukaan perdana balon legislatif 2024.

Launching pembukaan pendaftaran tersebut di pusatkan di kantor DPC PBB di Puyung Kecamatan Jonggat Loteng, Rabu (8/12).

Ketua DPC PBB Loteng Legewarman mengatakan, membuka pendaftaran balon legislatif lebih awal, mengingat adanya instruksi dari DPP untuk segera membuka pendaftaran balon legislatif.

Selain itu, sesuai hasil kesepakatan dengan seluruh pengurus PBB, pada pileg 2024 mendatang, pihaknya bersama pengurus ingin mengembalikan masa kejayaan PBB seperti tahun  2004.

Dimana pada tahun 2004 silam, PBB pernah menduduki jabatan ketua dewan Loteng. "Tahun 2004 PBB pernah menduduki jabatan sebagai ketua dewan Loteng dengan jumlah 6 kursi. Dan tahun 2024 mendatang, kami bersama pengurus sepakat mengembalikan masa kejayaan itu, sehingga kita lakukan pembukaan pendaftaran lebih awal sebagai balon legislatif," katanya panjang.

Dikatakan, dalam pembukaan pendaftaran awal ini diikuti oleh seluruh balon yang berasal dari 12 Kecamatan, sesuai dengan misi 2024 semua dapil harus terisi.

Selanjutnya, masih panjangnya pileg 2024, pihaknya akan memanfaatkannya untuk melakukan penjaringan dan evaluasi. Jika dari beberapa balon yang sudah mendaftar, hasil evaluasi tim yang sudah dibentuk ternyata kurang memiliki potensi atau figurnya kurang ditengah masyarakat, tentunya itu menjadi bahan evaluasi selanjutnya.

"Pemantapan balon akan terus digulirkan oleh tim penilai yang sudah kita bentuk. Dan bisa saja yang sudah mendaftar tidak bisa masuk kriteria, jika hasil pendataan tim tak sesuai target," ungkapnya.

Kenapa ini dilakukan lanjutnya, sebab pihaknya tidak menginginkan ada balon yang hanya sekedar numpang tenar. "Yang jelas kita sedang bidik balon yang memiliki potensi bukan balon sekedar mau dikenal," terangnya.

Diakuinya, selain nama nama yang sudah mendaftar sebagai balon, ada salah seorang kepala dinas yang saat ini menjabat di Loteng, akan maju di pileg mendatang dengan menggunakan PBB.

"Sebenarnya tadi kadis itu akan datang, tapi karena masih menjabat sebagai ASN sehingga niatnya di urungkan dan kami pun sudah minta untuk tidak datang, sebab statusnya masih sebagai abdi negara," terangnya lagi.

Selain dari kalangan ASN, sejumlah mantan kades juga sudah memasukkan diri masuk PBB termasuk juga salah seorang kades yang saat ini masih menjabat.

Sementara itu Bakal Calon (Balon) Legislatif untuk Dapil III Praya Timur Pujut M. Jaino (mantan kades Landah Kecamatan Praya Timur) mengatakan, pihaknya masuk sebagai calon legislatif melalui PBB, telah ia pikirkan jauh sebelumnya. Dimana sejumlah partai sudah datang dan mengajak untuk bergabung, namun sebelum menentukan partai mana yang tepat sebagai kendaraan, akhirnya pihaknya memutuskan maju melalui partai PBB.

"Memilih Partai PBB sebagai kendaraan untuk maju sebagai calon legislatif mendatang, sebab PBB sudah melekat di masyarakat, terutama di wilayah Pujut Praya Timur, sebab ketua DPC PBB Loteng sekaligus anggota DPRD Loteng saat ini berasal dari Desa Ganti Praya Timur, yang telah banyak berbuat untuk masyarakat," katanya.

Selain itu, PBB adalah partai Islam dan di dua kecamatan ini 9,8 persen penduduknya muslim, sehingga secara kepercayaan pasti akan memilih partai yang berasaskan norma agama.

Atas beberapa alasan tersebut diatas, sehingga tentunya pihaknya tidak akan terlalu menghabiskan tenaga dalam mempromosikan dirinya untuk maju sebagai calon legislatif. "Yang jelas saya tidak akan melawan angin, artinya saya akan memilih partai yang sudah di kenal masyarakat," tutupnya. (AP)