Ketua Pengadilan Agama Sumbawa Melaksanakan Eksekusi Damai Putusan Harta Bersama.

Ketua PA Sumbawa Drs H.Muhidin M.H


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) -- Pengadilan Agama Sumbawa  berhasil melaksanakan permohonan eksekusi atas putusan tentang sengketa harta bersama. Tim eksekusi yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Sumbawa Drs H.Muhidin M.H berhasil melaksanakan eksekusi  perkara  dengan cara damai dari kedua belah pihak yang bersengketa.


Permohonan eksekusi tersebut, diajukan oleh RL, yang merupakan warga Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa melalui kuasa hukumnya. Putusan yang dimohonkan adalah putusan yang telah berkekuatan hukum tetap. Pada tingkat pertama telah diputus dengan nomor 213/Pdt.G/2021/PA.Sub,tanggal 6 Juli 2021.


Dalam putusan dimaksud, RL duduk sebagai Tergugat/ Penggugat Rekonvensi. Adapun pihak penggugat/ Tergugat Rekonvensi adalah MRR, merupakan warga Desa Luar Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa. Kedua belah pihak tersebut dahulu merupakan suami istri, yang kemudian bercerai. Setelah putusan perkara perceraian RL mengajukan gugatan perkara kembali yakni gugatan pembagian harta bersama perkawinan terhadap MRR.


Setelah mendapat putusan perkara sebagaimana tersebut di atas, ternyata kedua belah pihak tidak ada yang melakukan upaya hukum, sehingga putusan tersebut berkekuatan hukum tetap. Permohonan eksekusi didaftarkan oleh MRR selaku pihak Tergugat/ Penggugat Rekonvensi dan terdaftar dengan nomor 393 /SK/XI/2921, tertanggal 24 Nopember 2021.


Atas permohonan Eksekusi tersebut ketua PA memanggil kedua belah pihak guna memberikan Aanmaning. Dalam pelaksanaan Aanmaning tersebut Ketua PA Keprawaiannya dengan pengalaman mediasi melaksanakan pendekatan dengan budaya dan secara sosialogis serta secara filosofis memberikan arahan dari berbagai sudut agama dan hikmah damai sehingga mereka mengikuti Ola samikna wa'asokna terhadap arahan dari  Ketua PA Sumbawa yang walaupun alot tapi akhirnya mereka bisa damai. Sehingga beres turun ditempat Eksekusi damai.


Dalam pelaksanaan Aanmaning tersebut, tak bosan – bosannya memberi saran, motivasi ataupun arahan – arahan agar putusan tersebut dapat dilaksanakan secara damai dan mudah. Kedua belah pihak menyadari berusaha mencari jalan keluar bersama, yang bisa mencakup kepentingan kedua belah pihak.


Setelah diberikan waktu dan arahan – arahan secukupnya. Selang beberapa hari diadakan pertemuan kembali,dimana kedua belah pihak telah merumuskan perjanjian perdamaian pembagian obyek sengketa secara damai. Saat itu pula dilaksanakan serah terima bukti yuridis dari tanah – tanah yang menjadi obyek sengketa sekaligus dibacakan penetapan yang mengakhiri permohonan pelaksanaan eksekusi ini.

Suasana diskusi di ruangan Kepala Desa Usar Mapin sebelum melakukan Eksekusi

Ketua PA Sumbawa, Drs.H. Muhidin, M.H yang di dampingi oleh tim  Eksekusi Drs M. Saleh serta juru sita (Eksekutor) Sadaruddin SH. Atas terlaksananya Eksekusi yang aman dan damai, tim Eksekusi menyampaikan rasa gembira dan bangga karena bisa membantu pihak perkara mengakhiri sengketa yang sudah berjalan sekian lama secara damai. Perdamaian antara pihak – pihak yang bersengketa itu adalah hukum yang tertinggi, tandas Muhidin. Selamat pak Ketua, semoga akan lebih banyak perkara di PA Sumbawa yang bisa berakhir dengan perdamaian. (Lalu).