Naik 20 Persen, Pengguna Bus Damri Didominasi Pelajar

Bus DAMRI Cabang Kota Mataram.

 Mataram (postkotantb.com)- Selama menjelang Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, jumlah penumpang Perum Damri Cabang Kota Mataram mengalami peningkatan yang cukup baik. Yaitu mencapai 20 persen.

Penumpang tersebut, didominasi kalangan pelajar. Baik dari sekolah umum hingga pelajar dari yayasan pondok pesantren (Ponpes). Para pelajar ini memanfaatkan libur Natal untukntour keliling destinasi wisata di wilayah Kota Mataram.

"Kebetulan PPKM sudah gak ada dan tempat wisata sudah dibuka. Jadi masing-masing sekolah memanfaatkan libur Nataru untuk keliling tempat wisata kota," ungkap General Manager (GM) Damri Kota Mataram, melalui Staf Operasional, Istyard, Jumat (24/12/2021).

Staf Operasional, Istyard.

Pihaknya memperkirakan, lonjakan penumpang akan terjadi saat memasuki tahun baru. Para penumpang ini merupakan wisatawan domestik dari luar NTB. "Kemungkinan saat libur tahun baru jumlah wisatawan domestik dari bandara melonjak," katanya

Soal perkembangan E-Ticketing, diakui dia, layanan pemesanan tiket melalui aplikasi online, belum mengalami perkembangan yang signifikan. Sampai saat ini, perkembanganya hanya 10 persen. Hal tersebut disebabkan, masyarakat,  khususnya para pedagang lokal masih banyak yang memesan tiket secara manual.

"Sosialisasinya memang masih kurang. Namun secara bertahap, masyarakat di NTB lambat laun akan tahu cara memesan tiket melalui online. Kalau yang kalangan milenial dan wisata domestik sebagiannya sudah memesan tiket secara online," imbuhnya.

Bagi masyarakat, termasuk pelajar mahasiswa yang ingin berlibur baik di luar kota, maupun dalam daerah, pihaknya menyarankan agar menggunakan DAMRI.

"Karena harga tiket di bawah standar  bus swasta, murah dan tentunya aman," imbaunya.(RIN)