Yatim: Bupati Dompu Tidak Menolak Tambang!

Yatim Gatot

Dompu (postkotantb.com)- Pro dan kontra soal isu penolakan Bupati Dompu, Aby Kader Jaelani (AKJ) atas keberadaan PT. Sumbawa Timur Mining (STM) di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, mendapat respon dari DPRD Dompu.

Anggota DPRD Dompu, Yatim Gatot, menegaskan, isu penolakan yang beredar tersebut tidak benar. Malah sebaliknya, AKJ mendukung keberadaan PT STM yang melakukan aktivitas eksplorasi tambang dan tembaga di kecamatan tersebut.

"Perlu diketahui bahwa pak bupati tidak pernah menolak tambang,” tegasnya.

Pria yang dikenal sebagai singa parlemen ini menilai, Jika muncul reaksi dari AKJ terhadap sistem perekrutan tenaga kerja PT. STM, semata-mata merupakan wujud  dari perjuangan Bupati Dompu demi membela kepentingan masyarakat.

“Bupati menginginkan agar prosentase masyarakat lokal yang bekerja di PT. STM jumlahnya lebih banyak. Inilah yang diperjuangkan pak bupati saat ini,” cetusnya.

Keberadaan tambang lanjut yatim memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan daerah. Sehingga, dia mengajak seluruh elemen masyarakat agar tidak mencurigai Bupati Dompu.

"Saya mengajak seluruh elemen yang bersuara soal tambang untuk tidak mencurigai pak Bupati Dompu. Beliau benar-benar berjuang untuk masyarakat dan daerah. Tidak ada kepentingan pribadi,” imbuhnya.

PT. STM adalah anak perusahaan dari PT. Vale yang sedang melakukan kegiatan eksplorasi emas dan tembaga di Dompu. Perusahaan ini merupakan pemegang kontrak karya generasi ketujuh.(RIN)